Analisis Perbandingan Usability Website E-Commerce Konveksi Menggunakan Metode Eye-Tracking

Main Article Content

Gita Ismadianti
Gita Indah Marthasari
Evi Dwi Wahyuni

Abstract

Tantangan UMKM adalah bagaimana mempromosikan produknya secara luas dengan memanfaatkan teknologi informasi yaitu melalui promosi-promosi online atau website. UMKM yang bergerak di konveksi menggunakan website diantaranya azstore.id dan kos3dmalang. Faktor efektivitas dan efisien mempengaruhi kinerja suatu website dalam penggunaannya. Perlu adanya analisis usability serta perbandingan antara azstore.id dan kaos3dmalang.com untuk mengevaluasi tampilan usability apakah sesuai dengan harapan user sehingga user dapat nyaman menggunakan website dan dapat melakukan task seperti melihat produk, transaksi dlln dengan benar. Pengujian yang dilakukan dengan Metode eye-tracking terdapat hasil dari waktu penyelesaian task, jumlah fiksasi, dam heatmap . Pada pengukuran kuesioner terdapat hasil usefulness, ease of learning, ease of use dan satisfaction. Pengukuran usability kuesioner USE yang dilakukan di website azstore.id dan website kaos3dmalang.com memiliki nilai layak . Waktu penyelesaian task pada responden azstore.id memiliki rata-rata lebih cepat daripada kaos3dmalang.com . Jumlah fiksasi dari seluruh task yang diberikan azstore.id lebihsedikit daripada kaos3dmalang.com. Pada hasil heatmap, para responden dari website azstore.id dan dan website koas3dmalang.com berwarna merah pada daerah task yang dilakukan yang artinya para reponden tertarik dengan tampilan website. Hasil pengujian korelasi eye-tracking dan kuesioner USE didapatkan hasil nilai asosiasi varibel konsisten namun tidak signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
G. Ismadianti, G. I. Marthasari, and E. D. Wahyuni, “Analisis Perbandingan Usability Website E-Commerce Konveksi Menggunakan Metode Eye-Tracking”, JR, vol. 3, no. 2, Jan. 2024.
Section
Articles

References

H. Aryadita, D. A. Widyastuti, and N. H. Wardani, “Analisis Kualitas Layanan Website ECommerce Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0,” Anal. Kualitas Layanan Website E-Commerce Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metod. Webqual 4.0, vol. 10, no. 1, pp. 29–35, 2017, doi: 10.15408/sijsi.v10i1.7747.

I. Salamah, H. Lindawati, P. N. Sriwijaya, and I. Quality, “Analisis Kualitas Website ECommerce Umkm Kain Tenun Songket,” vol. 7, no. 2, pp. 115–122, 2017.

A. Josi, “Penerapan Metode Prototyping Dalam Membangun Website Desa (Studi Kasus Desa Sugihan Kecamatan Rambang),” Jti, vol. 9, no. 1, pp. 50–57, 2017.

B. Kaysı and Y. Topaloğlu, “Usability in E-Commerce Websites: Results of Eye Tracking Evaluations,” World Acad. Sci. Eng. Technol. Int. J. Comput. Syst. Eng., vol. 12, no. 10, pp. 951–957, 2018, doi: doi.org/10.5281/zenodo.1475048.

L. D. Farida, “Pengukuran User Experience Dengan Pendekatan Usability [Kasus: Website Pariwisata Di Asia Tenggara],” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed., pp. 6–7, 2016.

D. R. Rahadi, “Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire Pada Aplikasi Android Interface pengguna Android didasarkan pada manipulasi langsung menggunakan masukan sentuh yang serupa dengan tindakan di dunia nyata , seperti menggesek ( swiping ), mengetuk ,” vol. 6, no. 1, pp. 661–671, 2014.

J. Wang, P. Antonenko, M. Celepkolu, Y. Jimenez, E. Fieldman, and A. Fieldman, “Exploring Relationships Between Eye Tracking and Traditional Usability Testing Data,” Int. J. Hum. Comput. Interact., vol. 35, no. 6, pp. 483–494, 2019, doi:10.1080/10447318.2018.1464776.

Y. A. Purnomo, T. Suratno, P. Studi, S. Informasi, and U. Jambi, “Korelasi Antara Fixation Eye Tracking Metric Dengan,” vol. 2, no. 2, pp. 25–34, 2019.

R. Firmansyah, “Usability Testing Dengan Use Questionnaire Pada Aplikasi Sipolin Provinsi Jawa Barat,” Swabumi, vol. 6, no. 1, pp. 1–7, 2018, doi:10.31294/swabumi.v6i1.3310.

R. T. Yunandar and Priyono, “Pengujian Usability System Framework React Native dengan Expo untuk Pengembang Aplikasi Android Menggunakan Use Questionnaire,” J. Penelit. Tek. Inform., vol. 3, no. 1, pp. 252–259, 2018.

L. C. Maudlin, K. S. McNeal, H. Dinon-Aldridge, C. Davis, R. Boyles, and R. M. Atkins, “Website usability differences between males and females: An eye-tracking evaluation of a climate decision support system,” Weather. Clim. Soc., vol. 12, no. 1, pp. 183–192, 2020, doi: 10.1175/WCAS-D-18-0127.1

Patryk Boczon, “State of the Art: Eye Tracking Technology and Applications,” State Art Eye Track. Technol. Appl., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2014.

T. Yogasara, Y. Theopilus, K. Damayanti, and S. Susilo, “Pengaruh dan Rekomendasi Ukuran, Lokasi, dan Unsur Dinamis Terhadap Efektivitas Iklan Website Berdasarkan Uji Anova Dengan Eye Tracking,” Lemb. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., 2018.

N. Asnawi, “Pengukuran Usability Aplikasi Google Classroom Sebagai E-learning Menggunakan USE Questionnaire (Studi Kasus: Prodi Sistem Informasi UNIPMA),” Res. Comput. Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 1, no. 01, p. 17, 2018, doi: 10.25273/research.v1i1.2451.

K. Aelani and Falahah, “Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire,” Semin. Nas. Apl. Teknol. Inf. 2012 (SNATI 2012), vol. 2012, no. Snati, pp. 15–16, 2012.

D. S. Rini Agustina1, “Indexing Pada Ebook Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Website E-,” 2018.

S. Alfidella, D. S. Kusumo, and D. D. J. Suwawi, “Pengukuran Usability I-Caring Berbasis ISO 9241-11 Dengan Menggunakan Partial Least Square (PLS),” eProceedings Eng., vol. 2, no. 1, pp. 1747–1735, 2015.

E. S. Rahman and D. Vitalocca, “Analisis Usabilitas Menggunakan Use Questionnaire Pada Sistem Informasi SMK Negeri 3 Makassar,” J. Mekom, pp. 1–17, 2018.

P. Jennifer Romano Bergstrom dan A. J. Schall, Eye Tracking in User Experience Design. 2014.

D. S. Pratomo and E. Z. Astuti, “Analisis Regresi dan Korelasi Antara Pengunjung dan Pembeli Teradap Nominal Pembelian di Indomaret Kedungmundu Semarang Dengan Metode Kuadrat Terkecil,” Ilmu Komput., no. 1, 2015.