Implementasi Metode Lean-UX dalam Pengembangan Desain Interaksi Pengguna QLife berbasis Android

Main Article Content

Muhammad Hidayat
Wahyu Andhyka Kusuma

Abstract

Tingkat pengangguran terbuka di Indonesia mencapai 5,45% yang mana total pengangguran berkisar 7,99 juta. Faktor-faktor yang mempengaruhi permasalahan tersebut dikarenakan banyak hal, utamanya minimnya informasi mengenai karir, finansial dan pendidikan karena dianggap topik sensitif untuk didiskusikan. Solusi yang dapat menjadi benang merah untuk permasalahan tersebut adalah forum diskusi secara anonim untuk meminimalisir jejak informasi pribadi serta membangun ekosistem diskusi yang aman dan tanpa stigma buruk. Upaya dalam pengembangan aplikasi untuk merealisasikan solusi tersebut adalah membuat desain antarmuka yang sesuai dengan keinginan, kebutuhan dan ekspektasi dari pengguna. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah Lean UX yang lebih fokus kepada pengguna, iterasi cepat, dan pengujian berbasis data. Hasilnya, hipotesis yang diajukan sesuai dengan hasil positif dari pengujian menggunakan metode SUS (System Usability Scale) dengan skor senilai 81 yang berasal dari kuesioner pada 5 responden. Nilai pengujian SUS dikatakan berhasil menyesuaikan kebutuhan, keinginan dan ekspektasi pengguna terhadap aplikasi QLife.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Hidayat and W. A. Kusuma, “Implementasi Metode Lean-UX dalam Pengembangan Desain Interaksi Pengguna QLife berbasis Android”, JR, vol. 6, no. 1, Feb. 2024.
Section
Pengembangan Perangkat Lunak

References

A. Ahdiat, “Awal 2023, Ada 7,9 Juta Pengangguran di Indonesia,” 2023.

M. Amin, S. R., Nadhirah, and M. Y. Wijayanti, “Online Discussion Forums for Career, Financial, and Education: A Case Study of Indonesian Users. International Journal of Information and Education Technology,” 2021.

S., Sayeed, M. R., Hoque, and M. A. Rahman, “Development of a Mobile Application for Speech to Text Conversion for Deaf and Dumb People,” Journal of Computer and Communications, 2018.

P., Andriani and R. Saputra, “Mobile Application-Based Discussion Forum for Career, Financial, and Education Information Sharing,” Information Management and Technology (ICIMTech), 2019.

M. M., Mardhia and E. D. Anggraini, “Implement a Lean UX Model: Integrating Students’ Academic Monitoring through a mobile app,” International Conference on Advanced Informatics: Concepts, Theory, and Applications, ICAICTA, 2019.

J., Smith and M. Johnson, “Implementing Lean UX Methodology for User-Centered Design in Software Development,” Journal of User Experience Research, 2020.

S., Aripiyanto, F. E. M. Agustin, A. Syakuro, S. U. Masruroh, D., Khairani, and H. T. Sukmana, “User Interface and User Experience Design Using Lean UX Method on Zakat Ummat Website,” International Conference on Cyber and IT Service Management, 2022.

Auliya Insani, A. G. M., and I. Kresna, “Prototype Desain User Interface Aplikasi My School Menggunakan Metode Lean UX,” Journal of Information System Research.

F. F. Christover, L., F. Magdalena, and M. Hatta, “Perancangan Web Portal Landing Page Klinik Utama Luthfi Medical Center Dengan Metode Lean UX,” Jurnal Digit: Digital of Information Technology, 2023.

Y. Adhipratama, “Perancangan Antarmuka Pengguna dengan Metode Lean UX pada Website Hello Work Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pasuruan,” Repositori Universitas Dinamika, 2018.

J. Brooke, “A Quick and Dirty Usability Scale,” 1996.