Perancangan Aplikasi Ecorecycle Untuk Pengelolaan Limbah Sampah Daur Ulang Dengan Metode Human-Centered Design (HCI)

Main Article Content

Eka Adelia Azizah

Abstract

Pada era yang modern ini, semakin bertambahnya umat manusia, semakin bertambah pula sampah yang dihasilkan oleh manusia. Sampah-sampah tersebut semakin menumpuk setiap harinya dan tidak diimbangi dengan pengolahan sampah yang baik dan benar, dikarenakan masyarakat saat ini masih belum memahami betul bagaimana cara mengolah sampah yang baik dan benar. Dari sini muncullah inovasi yang akan membantu masyarakat dalam pengolahan sampah daur ulang, yaitu perancangan aplikasi yang akan menjadi bank sampah bagi masyarakat. Perancangan aplikasi ini menggunakan metode Human-Centered Design (HCI) yang merupakan pendekatan pada manusia yang burguna untuk mendesign sebuah sistem. Kesimpulannya metode HCI ini berfokus pada manusia yang akan menjadi pengguna dalam aplikasi ini. Dalam HCI terdapat 5 tahapan yang akan dilakukan yaitu discover, devine, design, prototype dan testing. Dengan dibuatnya perancangan aplikasi EcoRecycle ini diharapkan agar dapat diimplementasikan ke masyarakat sehingga masyarakat dapat terbantu dengan adanya aplikasi ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
E. A. Azizah, “Perancangan Aplikasi Ecorecycle Untuk Pengelolaan Limbah Sampah Daur Ulang Dengan Metode Human-Centered Design (HCI)”, JR, vol. 6, no. 2, Apr. 2024.
Section
Pengembangan Perangkat Lunak

References

Ayi Purbasari, Wanda Gusdya, Rifqi Muhammad and Arief Zulianto, “Studi Banding dan Pengembangan Aplikasi Mobile Manajemen E-Waste untuk Rencana Aksi Bisnis Hijau Kota Bandung” SESSION (Software Development, Digital Business Intelligence, and Computer Engineering), Volume 01, Nomor 02, Maret2023, Page 41-48

Christian Cahyaningtyas, Eko Sediyono, “Perancangan Aplikasi Android Bank Sampah Menggunakan Metode Object Oriented di Wilayah Salatiga” vol. 3,No 1,Maret 2023.

Aditya Puji Nugroho, Arini Arini, Hendra Bayu Suseno, “Keamanan Data Transaksi Nasabah Pada Aplikasi Bank Sampah Berbasis Web Menggunakan Algoritma AES” Jurnal Sistem Informasi Volume 4, Nomor 1, April 2020.

Ni Made Yuli Cahyani, Cokorda Rai Adi Pramartha, I Gusti Ngurah Anom Cahyadi Putra “Pengembangan Aplikasi Pemilah Sampah Berbasis Android Sebagai Upaya Mempermudah Pengelolaan Sampah Di Lingkungan Rumah Tangga” vol 1, nomer 4, Agustus 2023.

Kery Utami, Zackharia Rialmi, Ranti Nugraheni “Analisis Perencanaan Aplikasi Bank Sampah Digital Studi Kasus Pada Bank Sampah Solusi Hijau” vol. 7 No.1, (2022) page 34- 49.

Hilman Hamdani, Komang Candra Brata, Adam Hendra Brata “Pengembangan Aplikasi Penanganan dan Pengurangan Sampah dalam Membantu TPS3R berbasis Android (Studi Kasus: TPS3R di Kota Batu)” Vol. 7, No.1, Januari 2023. Page 384-391.

Siti Ummi Masruroh, Siti Ermila Suciasih, Hendra Bayu Suseno “Pengembangan aplikasi bank sampah menggunakan layanan teknologi informasi cloud computing pada bank sampah melati bersih” vol.8 no.2 Oktober 2015.

Didin Hikmah Perkasa, Fathihani Fathihani, Ari Apriani “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendirian Bank Sampah Di Kelurahan Tanjung Duren” Volume 1, Issue 2, November 2021 Page 19 – 27.

Dodi Rahmad, Lukman Adhitama, Oktaviana Putri “Perancangan Bank Sampah sebagai Alternatif Minimasi Sampah Kertas dengan Pendekatan Soft System Methodology (SSM)” Surabaya, 4 Maret 2023.

Sahat Maniur Hutagaol, M. Arif Nasution, Abdul Kadir “Peningkatan Peran Serta Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Di Kabupaten Pakpak Bharat” 2020:204-216

Abdul Aziz, Soni Fajar Surya Gumilang “

Adi Rizky Pratama, Farhan Aldiansyah Poetra “Perancangan Sistem Pengelolaan Sampah Berbasis Android Dalam Pengembangan Kewirausahaan Di Desa Makmurjaya” 24 Maret 2022.

Ariyuni, Ni Wayan “Partisipasi Perempuan Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Melalui Program Bank Sampah Di Kabupaten Gianyar Provinsi Bali” Asdaf Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali Program Studi Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat.

Meilani Dwi Permatasari, Dianna Yanuaresta, Rino Agung, Etika Kartikadarma, Lakui Johary, Galuh Wilujeng Saraswati, Filmada Ocky Saputra “Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Resik Becik (SIKECIK) Berbasis Web Pada Rumah Sampah Resik Becik Kelurahan Krobokan Semarang” (Waste Bank, Digization, SIKECIK, Website, Mobile Application) Vol.04, No.01, 2022.

Wiwik Kusrini, Herpendi Herpendi, Muhammad Noor “Rancang Bangun Sistem Informasi Antar Jemput Sampah Rumah Tangga (DI ASMARA)” Vol. 9, No. 1, Juni 2019