Desain UI/UX Sistem Pendaftaran Magang Di Pemerintah Kota Batu Menggunakan Metode The 5 Stage Of Design Thinking

Main Article Content

Kelvin Aprilio

Abstract

Penelitian ini menekankan pentingnya program magang sebagai bagian integral dalam pengembangan mahasiswa. Magang memberikan pengalaman berharga yang membantu membentuk karakter mahasiswa dan membekali mereka dengan pengetahuan serta keterampilan yang diperlukan untuk memasuki dunia kerja. Pemerintah Kota Batu telah mendukung program magang ini dan menjadi pilihan populer bagi mahasiswa di wilayah Malang Raya.Namun, penelitian ini juga mengungkapkan sejumlah tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa dalam mencari program magang, termasuk keragaman tingkat pengalaman dan minat mahasiswa. Mahasiswa mencari berbagai jenis program magang, beberapa dengan pengalaman sebelumnya, dan mencari cara efisien dalam pencarian informasi yang tersebar. Mahasiswa menginginkan satu tempat yang mengkonsolidasikan semua informasi terkait lowongan magang.Dalam mengatasi tantangan ini, desain User Interface (UI) dan User Experience (UX) menjadi elemen kunci. Perancangan UI/UX yang kuat menjadi penting dalam memastikan pengalaman pengguna yang positif dalam proses pendaftaran magang.Metode "The 5 Stage of Design Thinking" terbukti efektif dalam mengoptimalkan desain sistem pendaftaran magang. Dengan pendekatan ini, sistem dapat menjadi lebih intuitif, efisien, dan memenuhi kebutuhan semua pemangku kepentingan yang terlibat. Setiap tahap dalam metode ini memiliki peran penting dalam menciptakan sistem yang lebih baik sesuai dengan harapan pengguna.Oleh karena itu, perancangan ulang sistem pendaftaran magang di Pemerintah Kota Batu dengan metode The 5 Stage of Design Thinking diharapkan memberikan solusi yang lebih baik dan memenuhi kebutuhan mahasiswa serta pemangku kepentingan lainnya. Dengan penekanan pada pengalaman pengguna yang positif, aplikasi ini diharapkan menjadi alat yang efisien dalam memudahkan mahasiswa dalam mencari dan mendaftar program magang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
K. Aprilio, “Desain UI/UX Sistem Pendaftaran Magang Di Pemerintah Kota Batu Menggunakan Metode The 5 Stage Of Design Thinking”, JR, vol. 6, no. 2, Apr. 2024.
Section
Pengembangan Perangkat Lunak

References

Azwar E. Program Pengalaman Lapangan (Magang) Terhadap Kepercayaan Diri Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi.

Indrayani E. Integrasi Sistem Layanan Digital.

Mootee I. Design thinking for strategic innovation. New Jersey : John Wiley & Sons, 2013. 2013;

Martha Nindyaningrum A. Konsep Dan Prosedur Design Thingking Pada Era Digital.

Angelia V, Turnip R, Tolle H, Cahya D, Nugraha A. Perancangan Implementasi Tampilan Baru Web “Sambat” Kota Malang menggunakan Metode Design Thinking [Internet]. Vol. 7. 2023. Available from: http://j-ptiik.ub.ac.id

Zukhri Z, Ikhlas MI. Implementasi Metode Design Thinking Pada Perancangan UI/UX Website Tracking GPS Tiara Track.

Firdonsyah A, Arwananing Tyas Z, Ma’rifatun L. Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan UI/UX Sistem Informasi Penelitian Mahasiswa Berbasis Web. Vol. 8, Informatics Journal. 2023.

Wibowo MR, Setiaji H. Perancangan Website Bisnis Thrifdoor Menggunakan Metode Pendekatan Design Thinking.

Suryadana A, Sasongko D, Nugroho S. Penerapan Metode Design Thinking dalam Website Waste4Change untuk Mengoptimalkan Fitur Pengiriman Sampah. Journal of Information System Research (JOSH). 2023 Apr 30;4(3):820–30.

Zaki A, Sukoco I. Penggunaan Design Thinking Pada Perusahaan Konsultan Indie Labtek Bandung. AdBispreneur. 2019 Jan 11;3(2):123.

Maniek Wijayanto A, Triayudi A, Rubhasy A, Teknologi Komunikasi dan Informatika F, Nasional Ps Minggu U, Jakarta Selatan K, et al. Penerapan Metode Design Thinking Dalam Rancang Aplikasi Penanganan Laporan Pencurian Barang Berharga Di Polsek Sukmajaya.