Merancang untuk Kesenangan Belajar: Desain UI/UX Berbasis HCD pada Aplikasi Iqra’
Main Article Content
Abstract
Dengan kemajuan teknologi komputer, pengajaran dan pembelajaran Al-Quran dapat menjadi menyenangkan, menarik, dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang user experience aplikasi multimedia interaktif (Iqra’) yang mengajarkan anak-anak membaca Al-Quran dengan efektif dan efisien. Prinsip Teknologi Persuasif dan Prinsip Desain Multimedia digunakan dalam merancang dan mengembangkan aplikasi multimedia interaktif ini. Penelitian ini menerapkan metode HCD (Human Centered Design). Terdapat 3 tahapan dalam pendekatan HCD, yaitu, inspiration, ideation, dan implementation. Pada tahapan awal, melibatkan proses pengumpulan data dengan observasi dan wawancara terhadap kebutuhan pengguna. Kemudian, melakukan brainstorming terhadap masalah pengguna dan membuat desain prototipe untuk mendapatkan evaluasi dari pengguna dari sisi User Interface.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
S. Deskriptif, T. Kegiatan, B. Dan, M. Baca, and A. Tk, “Studi deskriptif tentang kegiatan bercerita dan minat baca anak tk sakinah malang,” 2011.
A. F. Rosmani and N. A. Wahab, “I-IQRA’: Designing and constructing a persuasive multimedia application to learn Arabic characters,” 2011 IEEE Colloq. Humanit. Sci. Eng. CHUSER 2011, no. Chuser, pp. 98–101, 2011, doi: 10.1109/CHUSER.2011.6163884.
S. Tominaga, T. Doi, T. Yamaoka, Y. Misyashita, and M. Toriumi, Structure of fUN factors in the interaction with products, vol. 6776 LNCS. 2011. doi: 10.1007/978-3-642-21753-1_16.
A. M. Fajar, Penerapan metode user centered design (ucd) pada web AIS UIN Jakarta dengan standar ISO 9241-210. 2021. [Online]. Available: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/65478%0Ahttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/65478/1/AHMAD MALIK FAJAR-FST.pdf
D.-E. Kim, Si-Jung;Cho, “Technology Trends for UX/UI of Smart Contents,” Int. J. Rev. Korea Contents Assoc., vol. 14, no. 1, pp. 29–33, 2016.
A. F. Rosmani, N. A. Wahab, and N. Ibrahim, “Evaluating IQRA’ multimedia learning application,” BEIAC 2012 - 2012 IEEE Business, Eng. Ind. Appl. Colloq., pp. 324–327, 2012, doi: 10.1109/BEIAC.2012.6226076.
D. E. C. Na and C. Hipertensiva, No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.
A. R. Setiadi and H. Setiaji, “Perancangan UI/UX menggunakan pendekatan HCD (Human-Centered design) pada website Thriftdoor,” Automata, vol. 1, no. 2, pp. 228–233, 2020.
B. J. Fogg, “Captology: The Study of Computers as Persuasive Technologies,” Conf. Hum. Factors Comput. Syst. - Proc., p. 385, 1998, doi: 10.1145/286498.286852.
J. N. Kearns and F. D. Fincham, “A prototype analysis of forgiveness,” Personal. Soc. Psychol. Bull., vol. 30, no. 7, pp. 838–855, 2004, doi: 10.1177/0146167204264237.