Analisis Kepuasan Pengguna E-Learning Menggunakan System Usability Scale (SUS) (Studi Kasus: MA Muhammadiyah 1 Malang)
Main Article Content
Abstract
Virus corona melanda seluruh dunia yang mengakibatkan banyaknya seluruh aktifitas diluar ruangan menjadi lumpuh, terutama aktifitas pendidikan seperti sekolah dan perkuliahan. Dengan adanya wabah tersebut E-learning menjadi salah satu alternative para instutisi Lembaga Pendidikan untuk media pembelajaran secara online, tak terkecuali MA Muhammadiyah 1 Kota Malang. MA Muhammadiyah 1 Kota Malang telah menggunakan E-learning semenjak pandemic berlangsung pada tahun ajaran 2019/2020, namun belum pernah dilakukan pengujian terhadap kepuasan penggunanya. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan dan kepuasan pengguna e-learning MA Muhammadiyah 1 Malang. Dalam melakukan penelitan diperlukan instrument yang dinilai dapat mengukur analisis kepuasan pengguna yaitu menggunakan system usability scale (SUS). Untuk responden dalam penelitian ini adalah seluruh guru aktif dan siswa/siswi MA Muhammadiyah 1 Malang dengan total keseluruhan 125 responden. Hasil dari pengujian ini mendapatkan nilai skor rata – rata sus untuk guru sebesar 73, kelas x sebesar 77, kelas xi sebesar 75 dan kelas xii sebesar 74. Dari hasil rata – rata tersebut dapat mendapatkan interpretasi acceptable, grade scale C dan adjective ratings oke, dengan begitu e-learning MA Muhammadiyah Malang dapat dinyatakan layak dan dapat diterima oleh penggunanya.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
Nasir Mustafa, “Impact of the 2019 – 20 coronavirus pandemic on education,” Int. J. Heal. Prefer. Res., no. April, pp. 1–36, 2020.
“Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2020,” Peratur. Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020, 2020.
I. A. H.N, P. I. Nugroho, and R. Ferdiana, “Pengujian Usability Website Menggunakan System Usability Scale,” J. IPTEKKOM J. Ilmu Pengetah. Teknol. Inf., vol. 17, no. 1, p. 31, 2015, doi: 10.33164/iptekkom.17.1.2015.31-38.
E. Kaban, K. C. Brata, and A. H. Brata, “Evaluasi Usability Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) Dan Discovery Prototyping Pada Aplikasi PLN Mobile (Studi Kasus Pt. PLN),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 10, vol. 4, no. 10, pp. 3281– 3290, 2020, [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7941.
H. F. Nasution, “Instrumen Penelitian Dan Urgensinya Dalam Penelitian Kuantitatif,” J. Ilmu Ekon. dan Keislam., vol. 4, no. 1, pp. 59–75, 2016.
H. Retnawati, “Teknik Pengambilan Sampel,” Ekp, vol. 13, no. 3, pp. 1576–1580, 2015.
D. Setiawan and N. Rafianto, “Pengukuran usability pada learning management system perguruan tinggi menggunakan pedoman system usability scale,” Teknologi, vol. 10, no. 1, pp. 23–31, 2020, doi: 10.26594/teknologi.v10i1.2010.