Perancangan User Interface Untuk Aplikasi Mobile E-Ticket Train Booking Menggunakan Metode Ux Journey
Main Article Content
Abstract
Technology for booking train tickets salah satu jenis pelayanan yang diberikan negara untuk masyarakatnya adalah pelayanan transportasi diantaranya ialah Kereta Api. Jumlah pengguna jasatransportasi kereta api setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Aplikasi E- Ticket Train Booking merupakan salah satu aplikasi pemesanan tiket secara online Aplikasi E-Ticket Train Booking ini bertujuan untuk memudahkan konsumennya dalam melakukan pembelian. Tujuan Penelitian ini adalah merancang, mengetahuidan menganalisis faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusannya membeli tiket kereta api masih dengan cara konvensional serta mengetahui keefektifan aplikasi E-Ticket Train Booking oleh konsumen tersebut. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian yang digunakan yaitu UX Jouney. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen dengan jumlah partisipan 5 orang. Penelitian dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil wawancara dilakukan reduksi data, disajikan dan ditarik kesimpulan. Penelitian didapatkan 3 faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusannya membeli tiket masih dengan cara konvensional dan hasil persepsi seluruh konsumen yang menilai dan memilih pembelian tiket secara konvensional lebih baik, dapat disimpulkan dan pengembangan: aplikasi E-Ticket Train Booking belum efektif dimanfaatkan oleh konsumen yang masih membeli tiket langsung di loket stasiun. Diharapkan pengembang bisa terus mempertahankan dan meningkatkan fitur-fitur yang telah dinilai positif oleh persona.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
S. Destian Pratama and E. Syaodih, “Analisis Perilaku Konsumen dalam Memanfaatkan Aplikasi KAI Access,” Jurnal Manajemen Jasa, vol. 3, no. 1, 2021, [Online]. Available: http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsj
D. A. Larasati, H. Muslimah Az-Zahra, and R. K. Dewi, “Evaluasi User Experience dengan Mengadaptasi meCUE Questionnaire pada Aplikasi KAI Access dan Aplikasi Tiket.com,” 2018. [Online]. Available: http://j- ptiik.ub.ac.id
S. Kosasi and S. Margaretha Kuway, “Studi Analisis Persyaratan Kebutuhan Sistem Dalam Menghasilkan Perangkat Lunak Yang Berkualitas,” 2012.
H. Setiawan and D. Novita, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi KAI Access Sebagai Media Pemesanan Tiket Kereta Api Menggunakan Metode EUCS User Satisfaction Analysis of the KAI Access Application as a Train Ticket Booking Media Using the EUCS Method,” 2021.
A. Kelly, M. Mudita Chandra, N. Ariansyah, S. Djunaidi, and M. Rizky Pribadi, MDP Student Conference (MSC) 2022 Pengembangan UI/UX Pada Aplikasi Ka.Com Menggunakan Metode Design Thinking.
W. A. Febrianto, W. Hayuhardhika, N. Putra, and A. R. Perdanakusuma, “Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Sistem Informasi Puskesmas Paperless menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Kasus : Puskesmas Tarik Kabupaten Sidoarjo),” 2019. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
R. A. Murdiono, H. Tolle, and A. P. Kharisma, “Evaluasi User Experience Pada Aplikasi Mobile Penjualan Tiket Online,” 2018. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
“Perancangan User Experience Pelayanan Kesehatan Pasien Di Klinik Berbasis Mobile Menggunakan Metode Five Planes UX (Studi Kasus: Pinky Medical Center).”
Karnawan, G., Andryana, S., & Komalasari, R. T. (2020). Implementation of User Experience Using the Design Thinking Method in Prototype Cleanstic Applications. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika (JTMI)
Wibowo, M. R., & Setiaji, H. (2020). Perancangan Website Bisnis Thrifdoor Menggunakan Metode Pendekatan Design Thinking. Automata,
Wulandari, W., & Widiantoro, A. (2017). Design Data Flow Diagram for Supporting the User Experience in Applications. Design Data Flow Diagram for Supporting the User Experience in Applications
N. T. Wijaya, A. Widodo, J. Telekomunikasi, T. Buah Batu, and J. Barat, “Faktor Yang Mempengaruhi Brand Trust Konsumen Online Travel Agent Tiket.Com,” 2020.
A. Agoes, S. Wulansari Rahayu Dewi, and S. Yapari Bandung, “Motivasi Konsumen Dalam Menggunakan Layanan Tiketing Di Agen Perjalanan Konvensional,” 2018.
Y. Program, S. Teknik, I. Sekolah, T. Teknologi, and P. Alam, “Analisa Usability Pada Website Traveloka,” 2018.
M. Jumliadi, “Research Gap Dan Model Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Fertilitas: Suatu Studi Literatur,” JPP (Jurnal Kesehatan Poltekkes Palembang), vol. 15, no. 1, pp. 52–60, Jul. 2020, doi: 10.36086/jpp.v15i1.467.
A. R. Uin and A. Banjarmasin, “Analisis Data Kualitatif,” 2018.
L. Fitra, H. Tolle, and H. Muslimah Az-Zahra, “Perancangan User Experience Aplikasi Portal Smart City Kota Malang dengan Metode Pendekatan Human-Centered Design,” 2021. [Online]. Available: http://j- ptiik.ub.ac.id
M. Hanif, H. Muslimah Az-Zahra, and Y. T. Mursityo, “Perbaikan User Experience Pada Aplikasi Mobile E-Commerce Tapp Market Menggunakan Metode Diary Study Dan User Journey,” 2018. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
Biduski, D., Bellei, E. A., Rodriguez, J. P. M., Zaina, L. A. M., & De Marchi, A. C. B. (2020). Assessing Long-Term User Experience On A Mobile Health Application Through An In-App Embedded Conversation-Based Questionnaire. Computers In Human Behavior, 104. Https://Doi.Org/10.1016/J.Chb.2019.1061 69
Piyush Jain. (2020, May 12). Importance Of Ux Design In Modern Business. The Europian Business Review.
J. Nielsen and T. K. Landauer, “INR!RCHI A Mathematical Model of the Finding of Usability Problems.”
K. R. Hadi, H. Muslimah Az-Zahra, and L. Fanani, “Analisis Dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile KAI Access Dengan Metode Usability Testing Dan Use Questionnaire,” 2018. [Online]. Available: http://j- ptiik.ub.ac.id
I. N. Rachmawati, “Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara.”
U. Utan Sufandi, D. Trihapningsari, W. Mellysa, and P. Layanan Bahan Ajar, “Peluang Penelitian UI/UX pada Pengembangan Aplikasi Mobile: Systematic literature review UI/UX Research Opportunities in Mobile Application Development: Systematic Literature Review.”
S. A. Cahyaningrum and C. Putri, “Perancangan Desain Antarmuka Aplikasi Vendor Ticketing Mobile Wisatakita.Com Diajukan Guna Mencapai Gelar Ahli Madya Diploma III Program Studi Desain Komunikasi Visual Oleh.”
S. Destian Pratama and E. Syaodih, “Analisis Perilaku Konsumen dalam Memanfaatkan Aplikasi KAI Access,” Jurnal Manajemen Jasa, vol. 3, no. 1, 2021, [Online]. Available: http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsj
S. Rizka Anggraeni and W. A. Kusuma, “Analisis Kebutuhan Pengguna Learning Management System Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Metode User Persona,” 2021.
N. Kurnia Ningrum, I. W. Utomo, Z. Umami, U. Dian Nuswantoro Semarang Jl Imam Bonjol No, and P. Kidul Kota Semarang, “Rancang Bangun Design UI/ UX pada Aplikasi PANTAU menggunakan Pendekatan Design Thinking,” vol. 15, no. 2, pp. 422–433, 2022, [Online]. Available: http://journal.stekom.ac.id/index.php/elkompage422
F. Candra Wardana and I. Gusti Lanang Putra Eka Prismana, “Perancangan Ulang UI & UX Menggunakan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Siakadu Mahasiswa Berbasis Mobile,” JEISBI, vol. 03, p. 2022.
L. Kirby, H. Tolle, and A. Hendra Brata, “Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Social Crowdsourcing Bencana Alam menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (HCD),” 2019. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
Konduri, N., Bastos, L. G. V., Sawyer, K., & Reciolino, L. F. A. (2017). User Experience Analysis Of An Ehealth System For Tube rculosis In ResourceConstrained Settings: A Nine-Country Comparison. International Journal Of Medical Informatics, 102, 118–129. Https://Doi.Org/10.1016/J.Ijmedinf.2017. 03.017
R. Riche dan S. H. Marpaung, “Evaluasi Pengalaman Pengguna Dengan Menggunakan User Experience Questionnaire Perpustakaan Digital,” J. Media Inform. Budidarma, Vol. 5, No. 4, Hal. 1345, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i4.3270
I. Nyoman Tri Anindia Putra, K. Sepdyana Kartini, P. Wirayudi Aditama, and S. Prian Tahalea, “Analisis Sistem Informasi Eksekutif Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” International Journal of Natural Science and Engineering, vol. 5, pp. 25–29, 2021, doi: 10.23887/ijnse.v5i