Perancangan Aplikasi Mobile Untuk Pemesanan Tiket Kereta Menggunakan UX Journey
Main Article Content
Abstract
Technology for booking train tickets salah satu jenis pelayanan yang diberikan negara untuk masyarakatnya adalah pelayanan transportasi diantaranya ialah Kereta Api. Jumlah pengguna jasa transportasi kereta api setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Aplikasi E- Ticket Train Booking merupakan salah satu aplikasi pemesanan tiket secara online Aplikasi E-Ticket Train Booking ini bertujuan untuk memudahkan konsumennya dalam melakukan pembelian. Tujuan Penelitian ini adalah merancang, mengetahui dan menganalisis faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusannya membeli tiket kereta api masih dengan cara konvensional serta mengetahui keefektifan aplikasi E-Ticket Train Booking oleh konsumen tersebut. Rancangan penelitian ini menggunakan Metode: penelitian yang digunakan yaitu UX Jouney. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen dengan jumlah partisipan 5 orang. Penelitian dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil wawancara dilakukan reduksi data, disajikan dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan 5 faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusannya membeli tiket masih dengan cara konvensional dan hasil persepsi seluruh konsumen yang menilai dan memilih pembelian tiket secara konvensional lebih baik, dapat disimpulkan dan pengembangan aplikasi E-Ticket Train Booking belum efektif dimanfaatkan oleh konsumen yang masih membeli tiket langsung di loket stasiun. Diharapkan pengembang bisa terus mempertahankan dan meningkatkan fitur-fitur yang telah dinilai positif oleh persona.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
A. Kelly, M. M. Chandra, N. Ariansyah, S. Djunaidi, and M. R. Pribadi, “Pengembangan UI / UX Pada Aplikasi Ka . Com Menggunakan Metode Design Thinking,” pp. 450–456, 2022.
D. Rahmawati, “Analisis Faktor Faktor yang Berpengaruh Terhadap Pemanfaatan Teknologi Informasi,” J. Ekon. dan Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 107–118, 2012, doi: 10.21831/jep.v5i1.606.
S. Kosasi and S. M. Kuway, “Studi Analisis Persyaratan Kebutuhan Sistem Dalam Menghasilkan Perangkat Lunak Yang Berkualitas,” Sisfotenika, vol. 2, no. 1, pp. 1–10, 2012, [Online]. Available: http://sisfotenika.stmikpontianak.ac.id/index.php/ST/article/view/58
H. Setiawan and D. Novita, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi KAI Access Sebagai Media Pemesanan Tiket Kereta Api Menggunakan Metode EUCS,” J. Teknol. Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 162–175, 2021, doi: 10.35957/jtsi.v2i2.1375.
Jupriyadi, R. I. Borman, K. Syahputra, and P. Prasetyawan, “Implementasi Internet Of Things pada Aplikasi Monitoring Kereta Api dengan Geolocation Information System,” Semin. Nas. Tek. Elektro, vol. 1, no. 1, pp. 322–327, 2018.
Damay Ria Aprillia Nugraha, Yuki Firmanto. (2019). Efektivitas Keberhasilan Implementasi Sistem Pembayaran E-Wallet Linkaja Pada Pembelian Tiket KA Lokal Di KAI Access. academia.edu.”.
L. M. Rayhan, D. Darlis, and S. Aulia, “Pusat Informasi Digital Pada Kereta Api Berbasis Web Menggunakan Raspberry Pi,” e-Proceeding Appl. Sci., vol. 1, no. 2, pp. 1552–1559, 2015.
N. R. Amalia and S. Saryadi, “Pengaruh Kemudahan Akses Dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Online Tiket.Com,” J. Ilmu Adm. Bisnis, vol. 7, no.3, pp.1–5, 2018, [Online]. Available: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/21057
R. Agianto, M. Noor Arif Wirasaputra, and R. Firmansyah, “Analisis Penerapan Sistem Informasi Manajemen pada Aplikasi Tiket.com,” JEMSI (Jurnal Ekon. Manajemen, dan Akuntansi), vol. 7, no. 1, pp. 1–8, 2021, doi: 10.35870/jemsi.v7i1.510.
R. Islami, S. S. Hilabi, and A. Hananto, “Analisis User Experience Aplikasi Traveloka dan Tiket.Com Menggunakan Metode User Experience Quesionnaire,” Remik, vol. 7, no. 1, pp. 497–505, 2023, doi: 10.33395/remik.v7i1.12106.