Pengalaman Pengguna dalam Rancangan Aplikasi Pemesanan Tiket Kereta Api Mytrain Menggunakan Metode UX Journey

Main Article Content

Pungki Woro Andini

Abstract

Pengalaman pengguna (User Experience/UX) telah menjadi fokus utama dalam rancangan aplikasi modern. Dalam konteks pemesanan tiket kereta api, aplikasi My Train telah menerapkan pendekatan metode UX Journey untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi My Train dan mengevaluasi efektivitas pendekatan UX Journey dalam meningkatkan pengalaman pengguna. Pembahasan masalahnya adalah bagaimana penerapan UX Journey memengaruhi pengalaman pengguna dalam aplikasi My Train. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan pengguna yang telah menggunakan aplikasi My Train. Dalam metode ini, peneliti mengeksplorasi pandangan dan pengalaman pengguna dalam berinteraksi dengan aplikasi. Kami juga mencari pemahaman mendalam tentang tantangan yang mereka hadapi dan sejauh mana pendekatan UX Journey telah memberikan solusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan UX Journey pada aplikasi My Train telah memberikan dampak positif terhadap pengalaman pengguna. Pengguna melaporkan peningkatan signifikan dalam hal navigasi yang lebih mudah, informasi yang lebih jelas, dan proses pemesanan yang lebih efisien. Walaupun terdapat beberapa tantangan, seperti pemahaman terhadap fitur-fitur baru dan kecepatan respons sistem, perbaikan yang dilakukan berdasarkan masukan pengguna telah memberikan solusi yang memuaskan. Diharapkan bahwa pendekatan UX Journey dapat efektif meningkatkan pengalaman pengguna dalam aplikasi My Train. Hal ini memberikan wawasan berharga untuk pengembangan layanan yang lebih baik dan dapat diadopsi oleh aplikasi serupa dalam upaya meningkatkan pengalaman pengguna. Selanjutnya, penelitian ini juga membuka potensi pengembangan lebih lanjut dalam konteks UX Journey yang bisa diterapkan dalam berbagai industri dan aplikasi.    

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
P. W. Andini, “Pengalaman Pengguna dalam Rancangan Aplikasi Pemesanan Tiket Kereta Api Mytrain Menggunakan Metode UX Journey”, JR, vol. 6, no. 3, Jul. 2024.
Section
Pengembangan Perangkat Lunak

References

C. Agustina and S. Sardiarinto, “Evaluasi Aplikasi Transportasi Mobile Yogyakarta International Airport Menggunakan User Experience Quetionare (UEQ),” Evolusi, vol. 10, no. 2, Sep. 2022, doi: 10.31294/evolusi.v10i2.13908.

“Traveloka.com,” Jun. 2023, [Online]. Available: https://www.traveloka.com/id-id/

“KAI Access,” Jun. 2023, [Online]. Available: https://booking.kai.id/

S. A. Diskapama, R. Fauzi, and E. N. Alam, “Analisis Dan Perancangan Prototipe Mobile Application KAI Access Menggunakan Inclusive Design Untuk Meningkatkan Aksesibilitas Bagi Penyandang Disabilitas PenglihataN”.

A. G. Firdaus and A. Leliana, “Prototype Aplikasi Pengaturan Perjalanan Operasi Kereta Api”.

K. R. Hadi, H. M. Az-Zahra, and L. Fanani, “Analisis Dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile KAI Access Dengan Metode Usability Testing Dan Use Questionnaire”.

D. M. K. Nugraheni and S. Setiyoningsih, “Upaya Pembaruan Kegiatan Kearsipan dengan Memanfaatkan User Persona dan User Journey Map,” JMASIF, vol. 12, no. 2, pp. 93–101, Dec. 2021, doi: 10.14710/jmasif.12.2.41761.

H. Setiawan and D. Novita, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi KAI Access Sebagai Media Pemesanan Tiket Kereta Api Menggunakan Metode EUCS,” JTSI, vol. 2, no. 2, pp. 162–175, Sep. 2021, doi: 10.35957/jtsi.v2i2.1375.

A. V. R. Akbar, T. L. M. Suryanto, and E. M. Safitri, “Analisis User Experience Pengguna Aplikasi KAI Access Menggunakan Metode IPA (Studi Kasus: Masyarakat Surabaya),” santika, vol. 1, pp. 181–187, Nov. 2020, doi: 10.33005/santika.v1i0.61.SWS

K. M. Rida, G. F. Fitriana, and D. Darmansah, “Perancangan Prototype Aplikasi Tiket Wisata di Kota Pemalang Menggunakan UX Lifecycle,” rabit, vol. 7, no. 1, pp. 90–100, Jan. 2022, doi: 10.36341/rabit.v7i1.1984.

D. A. Larasati, H. M. Az-Zahra, and R. K. Dewi, “Evaluasi User Experience dengan Mengadaptasi meCUE Questionnaire pada Aplikasi KAI Access dan Aplikasi Tiket.com”.

F. Fariyanto and F. Ulum, “Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode UX Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 2, no. 2.

F. W. Priyanto, “Penerapan Metode LeanUX Pada Perancangan Pengalaman Pengguna Website Islamic Vibes,” JOMMIT, vol. 6, no. 1, Jul. 2022, doi: 10.46961/jommit.v6i1.554.

N. Azizah, “PT Kereta Api Indonesia (KAI) dalam Menerapkan Manajemen Perubahan dan Menghadapi Persaingan Era Society 5.0”.

F. C. Wardana, “Perancangan Ulang UI & UX Menggunakan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Siakadu Mahasiswa Berbasis Mobile,” vol. 03, no. 04, 2022.

D. A. Musfikasari, H. M. Az-Zahra, and M. T. Ananta, “Evaluasi Perbandingan Scoring Proposed Value dan Perceived Value Berdasarkan Model UX Honeycomb (Studi Kasus: Traveloka, Tiket.com, Dan Pegi- Pegi)”.

“Agen Perjalanan,” Jun. 2023. Available: https://www.redbus.id/agen-bus

N. Hermaniawati, “Motif Pemanfaatan Layanan Elektronik Tiket (E-Ticketing) Oleh Pengguna Kereta Api Di Surabaya,” vol. 03, 2015.

G. R. Putra, “Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Mataram 2020”.

Y. Laven, “Evaluasi Usability Berdasarkan Nielsen Model Menggunakan Metode Usability Testing Pada Web Sistem Informasi Akademik Universitas Tanjungpura”.

M. A. Neergaard, F. Olesen, R. S. Andersen, and J. Sondergaard, “Qualitative description – the poor cousin of health research?,” BMC Med Res Methodol, vol. 9, no. 1, p. 52, Dec. 2009, doi: 10.1186/1471-2288-9-52.

H. Kim, J. S. Sefcik, and C. Bradway, “Characteristics of Qualitative Descriptive Studies: A Systematic Review: QUALITATIVE DESCRIPTION: SYSTEMATIC REVIEW,” Res Nurs Health, vol. 40, no. 1, pp. 23–42, Feb. 2017, doi: 10.1002/nur.21768.

Jansen, “Personalized Search: A Survey,” 2013.

Burke, “Social Recommender Systems: A Review of Challenges and Approaches,” 2017.

A. Tuzhilin, “Customized Recommendation for Online Retailing,” 2011.

W. Andhika, M. Iqbal, M. Nur, and R. D. Nugroho, “Teknik Representasi Kebutuhan Pengguna Menggunakan User Persona (Studi Kasus: Relasi antara Presensi dengan Kemampuan Kompetensi),” JTIIK, vol. 8, no. 2, p. 245, Mar. 2021, doi: 10.25126/jtiik.0813444.

A. A. Andryadi and N. Hasri Fatonah, “Analisis User Experience Dan User Interface (UI/UX) Pada Website Menggunakan Metodegoogle Design Sprint,” jtb, vol. 3, no. 2, pp. 137–144, Dec. 2021, doi: 10.37087/jtb.v3i2.61.

R. R. Tsani, N. Fitria, S. Alfarisi, F. M. Mauluddin, J. V. Sinaga, and E. Y. Areta, “Identifikasi Kebutuhan Pengguna Dalam Pembuatan User Interface Berbasis Website Untuk Meningkatkan User Experience Dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Barang,” Jurnal Penelitian, vol. 2, no. 1, 2023.

“Shopee,” Oktober 2023, [Online]. Available: https://shopee.co.id/

“Google,” Oktober 2023, [Online]. Available: https://www.google.com/maps/place/Universitas+Muhammadiyah+Malang+(UMM+III)/@-7.9279407,112.581116,14z/data=!4m12!1m2!2m1!1summ!3m8!1s0x2e7881f5405daac1:0xb39e4847109109e4!8m2!3d-7.9215169!4d112.5973649!9m1!1b1!15sCgN1bW0iA4gBAZIBEnByaXZhdGVfdW5pdmVyc2l0eeABAA!16s%2Fg%2F11f32h_zpr?entry=ttu

“Gojek,” Jun. 2023, [Online]. Available: https://www.gojek.com/id-id/

G. Nabila and S. Wahyuni, “Penerapan UI/UX Dengan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Jaya Indah Perkas,” 2022.