Penerapan UX Journey Pada Rancangan Aplikasi Pemesanan Tiket Kereta Api

Main Article Content

Muhammad Rafli Arnanda

Abstract

Abstrak Masalah: Aplikasi pemesanan tiket kereta berbasis mobile ini mempunyai fitur yang minim dan informasi, maka dari itu penerapan metode UX Journey dicoba agar mengetahui tantangan yang ada guna mengembangkan aplikasi. Hasil dari rancangan ini akan berupa UI/UX aplikasi mobile, dengan menganalisis dan mengidentifikasi masalah yang ada pada pengguna aplikasi, maka aplikasi dirancang berdasar apa yang pengguna dan memfasilitasi sesuai apa yang pengguna butuhkan. Metode: Dengan persona, maka pengumpulan data akan membatu ketika mendesain sehingga menghasilkan solusi yang relevan. Data yang diambil dari wawancara dan observasi akan memberikan gambaran detail dengan menganalisis untuk diuji dan diverifikasi. Hasil: UX Journey memiliki alur, Discover, Explore, Test, dan Listen, sehingga hasil perancangan akan berupa aplikasi mobile yang dirancang berdasarkan pengguna guna memfasilitasi kebutuhan ketika memesan tiket secara online. Model perancangan ini sebagai perantara untuk memfasilitasi pengguna ketika ingin melakukan pemesanan tiket kereta api. Kesimpulan dan pengembangan: Metode UX Journey diterapkan dalam rancangan aplikasi mobile pemesanan tiket kereta untuk menanggapi permasalahan dan tantangan yang ada. Dengan tambahan fitur yang dibutuhkan pengguna, aplikasi ini menyediakan layanan jasa yang membantu pengguna memesan tiket kereta dengan mudah sesuai kebutuhan masing-masing. Aplikasi pemesanan tiket kereta api akan dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih optimal. Hal ini akan membantu mengurangi hambatan, meningkatkan efisiensi, dan meningkatkan kepuasan pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
M. R. Arnanda, “Penerapan UX Journey Pada Rancangan Aplikasi Pemesanan Tiket Kereta Api”, JR, vol. 6, no. 3, Jul. 2024.
Section
Pengembangan Perangkat Lunak

References

Taofiq, M. B. (2016). Perkembangan Transportasi Kereta Api Di Magelang Tahun 1898–1942. Ilmu Sejarah-S1, 1(2).

Jumardi, A., Annisa, A. S. N., Hermawan, V. A., & Al Zamani, M. Z. (2020). Perkembangan Transportasi Kereta Api di Jakarta. Pattingalloang: Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Penelitian Kesejarahan, 7(1), 40-48.

M. Yustiti, S. Sugito, and A. Rusgiyono, "Analisis Sistem Antrian Pelayanan Tiket Kereta Api Stasiun Tawang Semarang," Jurnal Gaussian, vol. 3, no. 4, pp. 761-770, Oct. 2014. https://doi.org/10.14710/j.gauss.3.4.761-770

Hadi, K. R., Az-Zahra, H. M., & Fanani, L. (2018). Analisis Dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile KAI Access Dengan Metode Usability Testing Dan Use Questionnaire. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(9), 2742-2750.

Rizky, V., Suryanto, T. L. M., & Safitri, E. M. (2021). Analisis User Experience Pengguna Aplikasi KAI Access Berdasarkan Alat Ukur Heart Metrics. Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi, 2(2), 244-254

Pratama, S. D., & Syaodih, E. (2021). Analisis Perilaku Konsumen dalam Memanfaatkan Aplikasi KAI Access. Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa, 3(1), 20-27.

S. Haryoko, “Penerapan sistem,” pp. 1–8, 2012, [Online]. Available: https://jurnal.akba.ac.id/index.php/inspiration/article/viewFile/20/20.

A.Shantika, "Kenali Design Thinking Sebelum Bikin StartUp," 2016. [Online]. Available: http://www.marketeers.com. [Accessed 19 June 2017].

Lestari, I. T., Sari, D. P., & Andrian, R. (2022). Redesign user interface aplikasi ipusnas berdasarkan user experience dengan metode design thinking. Jurnal Ilmiah Betrik: Besemah Teknologi Informasi dan Komputer, 13(2), 120-129.

Purba, M. M. (2021). Pemesanan Tiket Kereta Api Online (E-Ticketing) Menggunakan Aplikasi KAI Access. JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 6(2), 17

Wiwesa, N. R. (2021). User Interface Dan User Experience Untuk Mengelola Kepuasan Pelanggan. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 3(2), 2.

Kosasi, S., & Kuway, S. M. (2012). Studi Analisis Persyaratan Kebutuhan Sistem Dalam Menghasilkan Perangkat Lunak Yang Berkualitas. SISFOTENIKA, 2(1), 1-10.

Karnawan, G. (2021). Implementasi User Experience Menggunakan Metode Design Thinking Pada Prototype Aplikasi Cleanstic. Jurnal Teknoinfo, 15(1), 61-66.

H. S. Lahilote, “Kajian Yuridis Terhadap Agen Perjalanan ( Travel Agent ),” Al-Syir’ah, vol. 8, no. 2, pp. 518–531, 2010.

Fatimah, F. N. A. D. (2016). SWOT Analysis Techniques. Indonesian Great Boy.

Jumliadi, M. (2020). Research Gap Dan Model Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Fertilitas: Suatu Studi Literatur. JPP (Jurnal Kesehatan Poltekkes Palembang), 15(1), 52-60.

Jansen, A., Van Mechelen, M., & Slegers, K. (2017, May). Personas and behavioral theories: A case study using self-determination theory to construct overweight personas. In Proceedings of the 2017 CHI Conference on Human Factors in Computing Systems (pp. 2127-2136).

Engel, “Metodologi Penulisan,” Pap. Knowl. . Towar. a Media Hist. Doc., pp. 38–41, 2014.

Margono, S. (2005). Metodologi penelitian pendidikan.

Sanistasya, P. A. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah dan Loyalitas Nasabah Tabungan Britama Pada PT . Bank Rakyat Indonesia ( Persero ) Tbk Cabang Samarinda. eJournal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(1), 231–243. https://doi.org/2355-5408

Nielsen, J., & Landauer, T. K. (1993, May). A mathematical model of the finding of usability problems. In Proceedings of the INTERACT'93 and CHI'93 conference on Human factors in computing systems (pp. 206-213).

Pujaastawa, I. B. G. (2016). Teknik wawancara dan observasi untuk pengumpulan bahan informasi. Universitas Udayana, 4.

Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21-46.

Sandelowski, M. (2000). Whatever happened to qualitative description?. Research in nursing & health, 23(4), 334-340.

Vaismoradi, M., Turunen, H., & Bondas, T. (2013). Content analysis and thematic analysis: Implications for conducting a qualitative descriptive study. Nursing & health sciences, 15(3), 398-405.

Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic inquiry. sage.

Acuña, S. T., Castro, J. W., & Juristo, N. (2012). A HCI technique for improving requirements elicitation. Information and Software Technology, 54(12), 1357-1375.

F. Anvari, D. Richards, M. Hitchens, and M. A. Babar, “Effectiveness of Persona with Personality Traits on Conceptual Design,” Proc. - Int. Conf. Softw. Eng., vol. 2, pp. 263–272, 2015, doi: 10.1109/ICSE.2015.155

Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi penelitian bisnis & ekonomi.

Matari, G. N., & Pribadi, R. R. (2022, January). Penerapan UI/UX Dengan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Jaya Indah Perkas. In MDP Student Conference (Vol. 1, No. 1, pp. 231-238).

Septiana, T. (2021). Sistem Informasi Pemesanan Tiket Online Pada Stasiun Kereta Api Kecamatan 2x11 Kayu Tanam. ELECTRICIAN–Jurnal Rekayasa dan Teknologi Elektro, 15(2), 123-133.

Setiawan, T. F., Satoto, K. I., & Prasetijo, A. B. (2011). Perancangan Aplikasi Pemesanan Tiket Kereta Api Berbasis Teknologi Imode (Doctoral dissertation, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Undip)