Analisis Kemudahan Pemilihan Destinasi Wisata Pada Aplikasi Flight Ticket dengan Metode UX Journey

Main Article Content

Anissa Anissa Nurul Izza
Wahyu Andhyka Kusuma
Evi Dwi Wahyuni

Abstract

Pesatnya pertumbuhan industri pemesanan penerbangan memunculkan berbagai platform seperti Tiket.com, Traveloka, Agoda, booking, Google Flight, dan lain - lain yang menawarkan beragam fitur. Meskipun sebagian besar platform menyediakan fungsi dasar seperti pemesanan penerbangan, perjalanan satu arah, dan perjalanan pulang pergi, hanya sedikit platform yang menyediakan informasi destinasi wisata di kota tujuan. Dengan latar belakang tersebut, penelitian ini menggunakan metode UX Journey untuk menganalisis kebutuhan pengguna dalam memesan tiket pesawat. Tahap penelitian melibatkan pencarian karakter siswa terhadap informasi tujuan wisata di kota tujuan. Proses penelitian meliputi mengidentifikasi persyaratan persona, perancangan desain aplikasi, uji coba A/B testing, dan mengevaluasi solusi desain menggunakan Acceptance Criteria. Data yang diperoleh dari wawancara dengan mahasiswa pengguna aplikasi memberikan wawasan berharga untuk pengembangan lebih lanjut. Hasil penelitian ini memberikan usulan untuk menambah fungsionalitas informasi tujuan destinasi wisata di setiap kota tujuan bagi pembeli tiket. Penambahan fitur ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan memberikan variasi destinasi wisata yang akan mereka kunjungi. Sebagai kontribusinya, penelitian ini berfokus pada pengembangan aplikasi pemesanan tiket penerbangan yang lebih kaya informasi untuk membantu pengguna mengambil keputusan yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Anissa Nurul Izza, W. A. Kusuma, and E. D. Wahyuni, “Analisis Kemudahan Pemilihan Destinasi Wisata Pada Aplikasi Flight Ticket dengan Metode UX Journey”, JR, vol. 6, no. 3, Jul. 2024.
Section
Pengembangan Perangkat Lunak

References

S. T. Acuña, J. W. Castro, and N. Juristo, “A HCI technique for improving requirements elicitation,” Inf. Softw. Technol., vol. 54, no. 12, pp. 1357–1375, Dec. 2012, doi: 10.1016/j.infsof.2012.07.011.

“Faktor Penghambat Studi Mahasiswa yang Tidak Lulus Tepat Waktu di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY | Widarto | Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin.” Accessed: Oct. 09, 2023. [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika/article/view/16001

“20.pdf.” Accessed: Oct. 09, 2023. [Online]. Available:https://jurnal.akba.ac.id/index.php/inspiration/article/viewFile/20/20

A. Dinda, D. Rara, and I. Irwansyah, “Efektivitas Iklan Youtube Traveloka Terhadap Keputusan Pembelian (Studi EPIC Model pada Iklan YouTube Saat Memesan Tiket Pesawat Tak Lagi Ribet pada Karyawan di Jakarta),” Desain Komun. Vis. Manaj. Desain Dan Periklanan Demandia, p. 77, Apr. 2018, doi: 10.25124/demandia.v3i1.1212.

S. Nova and M. Raya, “Analisis Tingkat Kepopuleran Website Dalam Penyebaran Informasi Dan Layanan Publik Pada PT.Lion Air, PT. Garuda Indonesia dan PT.Sriwijaya”.

D. Sinaga, “Buku Ajar Statistik Dasar.” Uki Press, 2014. Accessed: Oct. 11, 2023. [Online]. Available: http://repository.uki.ac.id/5482/1/BukuAjarStatistikaDasar.pdf

A. T. Komara, “Pengaruh E-Service Quality dan E-Recovery Service Qualityterhadap E-Satisifaction Serta Implikasinya Pada E-Loyalty Pelanggan Maskapai Penerbangan Air Asia”.

F. H. Wandita, K. B. Wardianto, and P. Nugeraha, “Keputusan Mahasiswa Dalam Melakukan Pembelian Melalui Aplikasi Shopee”.

M. N. Latuheru and I. Irwansyah, “Aplikasi Traveloka Sebagai Bentuk Konstruksi Sosial Teknologi Media Baru,” J. Komun. Dan Kaji. Media, vol. 2, no. 2, Art. no. 2, Nov. 2018, doi: 10.31002/jkkm.v2i2.768.

A. Prasetio and W. Nursandi, “Analisis Minat Pengguna OTA Tiket.com di Indonesia Menggunakan Model Pendekatan Modifikasi UTAUT 2,” 2022.

“RAMA_57201_09031281924048_0018078502_01_front_ref.pdf.” Accessed: Oct. 12, 2023. [Online]. Available:https://repository.unsri.ac.id/88916/2/RAMA_57201_09031281924048_0018078502_01_front_ref.pdf

“(PDF) KEPUASAN WISATAWAN DALAM PENGGUNAAN E-COMMERCE AGODA DALAM PEMESANAN HOTEL.” Accessed: Oct. 12, 2023. [Online].Available:https://www.researchgate.net/publication/346525289_KEPUASAN_WISATAWAN_DALAM_PENGGUNAAN_ECOMMERCE_AGODA_DALAM_PEMESANAN_HOTEL

N. A. Hidayah and N. Kumaladewi, “Sistem Informasi Pemesanan Tiket Pesawat Berbasis Web pada Bana Tour (PT. Wali Angkasamitra Utama),” J. Sist. Inf., 2010.

I. C. Utomo and S. Rokhmah, “Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Tiket Pesawat Menggunakan Vb.Net,” vol. 2, no. 01, Art. no. 01, Mar. 2022.

“174457-ID-none.pdf.” Accessed: Oct. 09, 2023. [Online].Available:https://media.neliti.com/media/publications/174457-ID-none.pdf

“Rancang Bangun Aplikasi PembelianTiket Pesawat Online Berbasis Mobile Pada platform IOS dengan Bahasa Pemrograman Swift memanfaatkan API Tiket. - PDF Download Gratis.” Accessed: Oct. 09, 2023. [Online]. Available: https://docplayer.info/31207247-Rancang-bangun-aplikasi-pembeliantiket-pesawat-online-berbasis-mobile-pada-platform-ios-dengan-bahasa-pemrograman-swift-memanfaatkan-api-tiket.html

K. Amri, M. Yasir, and M. Z. Akbar, “Pengujian Aplikasi Pemesanan Tiket Pesawat Berbasis Web dengan Menggunakan Metode Black Box dengan Teknik Equivalence Partitioning,” vol. 1, no. 12, 2022.

V. K. Hertantri, “Analisis Sistem Informasi Pada Padiciti Menggunakan Konsep Competitive Forces and Strategy,” Elinvo Electron. Inform. Vocat. Educ., vol. 1, no. 2, Art. no. 2, May 2016, doi: 10.21831/elinvo.v1i2.12559.

“B.133.15.0151-06-BAB-III-20190220124831.pdf.” Accessed: Oct. 09, 2023. [Online]. Available: http://repository.usm.ac.id/files/skripsi/B13B/2015/B.133.15.0151/B.133.15.0151-06-BAB-III 20190220124831.pdf

“T2_752016214_BAB I.pdf.” Accessed: Oct. 09, 2023.[Online].Available:https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/16445/1/T2_752016214_BAB%20I.pdf

N. F. Amin, S. Garancang, and K. Abunawas, “Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian,” PILAR, vol. 14, no. 1, pp. 15–31, 2023.

14422152 Intan Roudhotus Syarifah, “Penerapan Pendidikan Berbasis Masyarakat Muslim Full Day School di PAUD Zavira Desa Sinduharjo Sleman Yogyakarta,” Jun. 2018, Accessed: Oct. 09, 2023. [Online]. Available: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/8114

“Terampil mengolah data kualitatif dengan Nvivo / Ariesto Hadi Sutopo, Adrianus Arief | OPAC Perpustakaan Nasional RI.” Accessed: Oct. 09, 2023. [Online]. Available: https://opac.perpusnas.go.id/Detail Opac.aspx?id=1056119

A. Cooper, R. Reimann, D. Cronin, and A. Cooper, About face 3: the essentials of interaction design, [3rd ed.], Completely rev. & Updated. Indianapolis, IN: Wiley Pub, 2007.

“5473-10661-1-SM.pdf.”

R. K. Niswatin, S. St, M. Kom, and R. A. Ramadhani, “Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Nusantara PGRI Kediri Tahun 2017,” vol. 01, no. 02, 2017.

D. M. Sari and A. S, “Implementasi Sistem Pengenalan Wisata Bahari Berbasis Website Kabupaten Majene,” J. Tek. Inform., vol. 13, no. 2, pp. 123–132, Feb. 2021, doi: 10.15408/jti.v13i2.16956.

“Metodologi penelitian / Cholid Narbuko & H. Abu Achmadi | OPAC Perpustakaan Nasional RI.” Accessed: Oct. 09, 2023. [Online]. Available: https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=420959

“Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif kualitatif dan RD - 2010.” Accessed: Oct. 09, 2023.[Online].Available:https://elibrary.bsi.ac.id/readbook/200700/metode-penelitian-pendidikan-pendekatan-kuantitatif-kualitatif-dan-r-d

K. M. Ghufron, W. A. Kusuma, and F. Fauzan, “Penggunaan User Persona Untuk Evaluasi dan Meningkatkan Ekspektasi Pengguna Dalam Kebutuhan Sistem Informasi Akademik,” SINTECH Sci. Inf. Technol. J., vol. 3, no. 2, pp. 90–99, Oct. 2020, doi: 10.31598/sintechjournal.v3i2.587.