IbM BAGI PEMILIK USAHA BAKERY di KOTA MALANG JAWA TIMUR

Authors

  • Bambang Widagdo Universitas Muhammadiyah Malang
  • Zainal Arifin Universitas Muhammadiyah Malang
  • Sri Budi Cantika Yuli Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/skie.v4i2.10593

Keywords:

Bakery Business, Marketing Strategy, Online Promotion, Information Technology, UKM

Abstract

Mitra dari kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah pemilik usaha bakery di Malang Raya, yaitu Mery Bakery. Usaha Roti “Mery Bakery” yang beralamatkan di JL.L.A Sucipto Kecamatan Blimbing Kota Malang ini adalah milik ibu Menik. Berdasarkan analisis SWOT dilakukan, terdapat dua permasalahan utama, yaitu pemilik usaha bakery tersebut belum mempunyai media promosi online atau berbasis teknologi informasi dengan menggunakan media sosial misalnya blog atau instagram, karena masih menggunakan promosi penjualan langsung dan dari mulut ke mulut pada masyarakat sekitar saja. Padahal peluang meningkatkan penjualan dapat dilakukan dengan menggunakan media promosi online yang mudah, murah dan memiliki daya jangkauan pemasaran yang lebih luas, sehingga bisa mengembangkan pasar tidak hanya di wilayah sekitar saja, tetapi dapat memasarkan produksi bakery-nya ke seluruh wilayah Malang Raya melalui pemesanan online atau COD (cash on delivery). Selain permasalahan pemasaran, permasalahan kedua adalah peningkatan proses produksi terutama pembuatan varian rasa baru untuk roti, misalnya rasa abon sapi, sosis, telo ungu, selai apel, bawang bombay dan lainnya.Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan pemasaran, adalah pelatihan dan pendampingan pada ibu Menik tentang strategi pemasaran berbasis media sosial yang sesuai dengan karakteristik usaha bakery dan pelatihan yang dilakukan harus dapat digunakan secara berkelanjutan. Pelatihan meliputi peningkatan pengetahuan dan keterampilan tentang strategi pemasaran produk dan pemasaran berbasis teknologi informasi .

 

References

Amelia, M. N., Prasetyo, Y. E., & Maharani, I. (2017). E-Umkm: Aplikasi Pemasaran Produk Umkm Berbasis Android Sebagai Strategi Meningkatkan Perekonomian Indonesia. Prosiding SNATIF Ke-4.

Febriyantoro, M. T. and Arisandi, D. (2018) ‘Debby Arisandi Halaman 61 dari 76 JMD’, Jurnal

Manajemen Dewantara, 1(2), pp. 61–76. Available at:

http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD/issue/view/32.

Fitriyono, D., & Khuzani. (2014). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Produk. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen. https://doi.org/10.5281/zenodo.1012560

Gilang, Y. et al. (2018) ‘Penggunaan Internet Sebagai Media Promosi Umkm’.

Kristianto, W. (2012) Penggunaan Teknologi Informasi di Usaha Kecil dan Menengah.

Mufreni, A. N. (2016). Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan Dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau Serbuk Tocha). Ekonomi Manajemen.

Rifqy Roosdany, M. (2012) Analisis Tingkat Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Usaha Kecil Menengah di Kab. Jepara.

Riyana, C. (2010). Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan Nasional.

Roosdhani, M. R., Wibowo, P. A. and Widiastuti, A. (2012) ‘Informasi Dan Komunikasi Pada Usaha Kecil’, J. Din. Ekon. Bisnis, 9, pp. 89–104,.

Setiawan, T. F., Suharjo, B. and Syamsun, M. (2019) ‘Strategi Pemasaran Online UMKM Makanan (Studi Kasus di Kecamatan Cibinong)’, MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(2), p. 116. doi: 10.29244/mikm.13.2.116-126.

Sumardi (2014) ‘E-Marketing: Usaha Dalam Mengembangkan Umkm Di Indonesia’, Journal of Applied Business and Economic, 1(1), pp. 1–6.

Downloads

Published

2020-09-24

How to Cite

Widagdo, B., Arifin, Z., & Cantika Yuli, S. B. (2020). IbM BAGI PEMILIK USAHA BAKERY di KOTA MALANG JAWA TIMUR. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 4(2), 41-48. https://doi.org/10.22219/skie.v4i2.10593

Issue

Section

Articles