PENDAMPINGAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DAN PERANCANGAN PEMASARAN PRODUK ISTANA SANDAL KARET

Authors

  • Erna Retna Rahadjeng Universitas Muhammadiyah Malang
  • Dzulhilmi Luqman Universitas Muhammadiyah Malang
  • Kardina Yudha Parwati Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/skie.v4i2.11654

Keywords:

laporan keuangan, pemasaran, pemasaran social media, e-commerce

Abstract

UMKM dapat menjadi salah satu sektor perekonomian yang menjadi andalan di Indonesia. UMKM mampu menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat, meningkatkan kreatifitas dan produktivitas daerah, menggerakkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, serta resisten dalam menghadapi krisis ekonomi global. Potensi UMKM dalam memajukan perekonomian Indonesia masih memiliki beberapa keterbatasan seperti kurangnya pengetahuan dan kemampuan sumberdaya manusia, pengelolaan usaha yang sifatnya masih sangat konvensional, terbatasnya penggunaan teknologi, minimnya akses pebankan, serta kurangnya kemampuan UMKM dalam menanggapi perubahan selera konsumen. Salah satu UMKM yang memiliki potensi besar namun kurang optimal kinerjanya dikarenakan memiliki beberapa keterbatasan yang telah disebutkan pada paragraf sebelumnya adalah UD. Lestari Jaya atau lebih dikenal dengan nama usaha Istana Sandal Karet (ISK). ISK merupakan usaha yang memproduksi beraneka ragam sandal yang terbuat dari bahan baku karet bekas. Sistem pemasaran utama produk ISK masih memanfaatkan saluran konvensional yaitu melalui tengkulak atau reseller serta belum ada upaya untuk menggunakan pemasaran digital seperti penggunaan sosial media dan e-commerce. Hal tersebut mengingat terbatasnya pengetahuan dan keterampilan pemilik usaha pada bidang pemasaran digital, sehingga lingkup pemasaran dan profitabilitas usaha belum optimal. Pada aspek keuangan mitra masih melakukan pencatatan transaksi keuangan yang belum terstruktu dan masih bercampur antara kegiatan keuangan usaha dengan rumah tangga. Hal ini membuat mitra kesulitan dalam menganalisis kondisi keuangan usaha. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk melakukan pendampingan pencatatan transaksi keuangan usaha yang terstruktur dan melakukan sosialisasi serta pendampingan pemasaran produk ISK melalui media digital. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah buku pencatatan keuangan usaha, akun Instagram bisnis, dana akun e-commerce BukaLapak ISK.

References

Amelia, M. N., Prasetyo, Y. E., & Maharani, I. (2017). E-Umkm: Aplikasi Pemasaran Produk Umkm Berbasis Android Sebagai Strategi Meningkatkan Perekonomian Indonesia. Prosiding SNATIF Ke-4.

Antari, Ni Nyoman Wulan, dan Wulandari, Riza. (2019). Penguatan Identitas Melalui Branding Kemasan dan Diversifikasi Produk Usaha Comel. Jurnal Studi Kasus Inovasi Ekonomi. Vol. 03 No. 01 Hal. 5-12.

Badan Pusat Statistik. (2016). Potensi Peningkatan Kinerja Usaha Mikro Kecil, Analisis Hasil SE2016 Lanjutan.

Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menegah Republik Indonesia. (2019). Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Memengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB). Http://www.depkop.go.id/uploads/laporan/1580223129_perkembangan%20data%20usaha%20mikro,%20kecil,%20menengah%20(umkm)%20dan%20usaha%20besar%20(ub)%20tahun%202017%20-%202018.pdf

Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia dan Bank Indonesia. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Kerjasama LPPI dan BI

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Restiani Widjaja, Y., Martian fajar, C., Edwar Yokeu Bernardin Dwinta Mulyanti, D., & Nurdin, S. (2018). Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana Untuk UMKM Industri Konveksi. In Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.31294/JABDIMAS.V1I1.3183.G2016

Rudiantoro, R., & Siregar, S. V. (2012). Kualitas Laporan Keuangan Umkm Serta Prospek Implementasi Sak Etap. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Indonesia. https://doi.org/10.21002/jaki.2012.01

Situmorang, J. (2015). Strategi UMKM dalam menghadapi iklim usaha yang tidak kondusif. Infokop.

Tambunan, T. T. H. (2011). Development of Micro, Small and Medium Enterprises and Their Constraints: A Story from Indonesia. Gadjah Mada International Journal of Business, JanuaryApril, Vol. 13, No. 1, 2011.

Undang-Undang No. 20/2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah

Downloads

Published

2020-09-24

How to Cite

Retna Rahadjeng, E., Luqman, D., & Yudha Parwati, K. (2020). PENDAMPINGAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DAN PERANCANGAN PEMASARAN PRODUK ISTANA SANDAL KARET. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 4(2), 57-66. https://doi.org/10.22219/skie.v4i2.11654

Issue

Section

Articles