PKMI USAHA PADA PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH PUTRI ULIL ABSHAR JETIS, MULYOAGUNG, DAU, MALANG

Authors

  • Warsono Warsono Universitas Muhammadiyah Malang

Keywords:

Panti Asuhan, Ulil Abshar, Usaha Tas

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat Internal (PKMI) di Panti Asuhan Muhammadiyah Putri Ulil Abshar Jetis, Mulyoagung, Dau, Malang ini memiliki tiga tujuan, yaitu: (1) Memberikan pemahaman tentang dasar-dasar Manajemen Bisnis; (2) Memberikan bantuan teknis terkait proses bisnis, baik dalam fasilitas peralatan maupun pelatihan; dan (3) Memberikan pendampingan dan konsultansi dalam menghasilkan metode kerja yang lebih efektif dan efisien.

Kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan berupa pelatihan dan pendampingan. Kegiatan pelatihan dilakukan 2 kali, yaitu: (1) Pada 25 Agustus 2019 berupa pelatihan bidang Manajemen Pemasaran, dengan materi pelatihan berupa konsep manajemen pemasaran dasar dan e-dagang (internet marketing) dalam pemasaran produk; dan (2) Pada 13 Oktober 2019 berupa pelatihan Manajemen Produksi dan Operasi, dengan materi konsep manajemen produksi dan operasi dasar, dan praktik menjahit. Di samping pelatihan, pengabdi juga menyumbangkan 1 unit mesin jahit baru untuk mendukung proses produksi tas.

 Dari pelatihan dan pendampingan yang telah dilakukan oleh tim pengabdi, pemahaman peserta dalam Manajemen Bisnis, baik bidang pemasaran maupun produksi dan operasi terjadi peningkatan. Di samping itu ketrampilan dalam mengimplementasikan konsep pemasaran (e-dagang) dan produksi dan operasi (ketrampilan menjahit) juga mengalami peningkatan. Dengan demikian, secara umum kegiatan pengabdian masyarakat ini memberikan nilai tambah, baik bagi peserta maupun obyek pengabdian masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Handoko, T.H. (2013). Manajemen. Edisi ke-2. Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Heizer, J. & Render, B. (2014). Manajemen Operasi. Edisi ke-11, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi ke-13. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Saiman, L. (2014). Kewirausahaan, Teori, Praktik, dan Kasus-Kasus. Edisi ke-2. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Subagyo, P., Asri, M., & Handoko, T.H. (2012). Dasar-Dasar Operations Research. Edisi ke-2. Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-04-06

How to Cite

Warsono, W. (2021). PKMI USAHA PADA PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH PUTRI ULIL ABSHAR JETIS, MULYOAGUNG, DAU, MALANG. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 5(01). Retrieved from https://ejournal.umm.ac.id/index.php/skie/article/view/12818

Issue

Section

Articles