Pendampingan UMKM Roti Desa Simoketawang Menuju Enterpreneur Digital

Authors

  • Alshaf Pebrianggara Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Sarwenda Biduri Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Detak Prapanca Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Keywords:

Enterpreneur digital, sistem informasi digital, sistem keuangan digital

Abstract

Perkembangan internet dan dunia digital telah menciptakan disrupsi pada dunia bisnis. Sekarang, semua pebisnis atau pengusaha harus merambah dunia digital untuk bisa menggaet dan menjangkau konsumen yang lebih luas. Permasalahan UMKM Roti Desa Simoketawang yang ditemukan adalah terkait pengembangan sistem informasi digital serta sistem keuangan digital dikarenakan UMKM di desa tersebut banyak yang kurang melek dengan kegunaan teknologi yang berkembang pesat. Dan dengan menggunakan pola pemasaran yang door to door dan mencakup area Sidoarjo serta Mojokerto membuat hasil penjualan tidak efektif.

Hasil luaran yang diharapkan penelitian ini mampu memberikan sumbangsih yang besar bagi UMKM Roti Desa Simoketawang terkait pemasaran dan keuangan konvensional, keuangan digital, pemasaran digital guna meningkatkan kinerja bisnis, sedangkan untuk dunia pendidikan penelitian terapan ini mampu memberikan berbagai strategi ekonomi manajerial untuk membekali mahasiswa masuk dalam dunia bisnis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. CV Alfabeta. Azwar, Saifuddin.2010. Metode Penelitian. Yogyakarta. Pustaka Pelajar. Djaslim,

Saladin. 2011 . Manajemen Pemasaran. Bandung. Linda Karya..

Ghozali, Imam. 2011 . Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19.

Edisi Kelima. . Semarang. Universitas Dipenogoro.

Hamidi. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Malang. UMM Press. Handayani, Tri.2012:6.

Bauran Pemasaran. Edisi 12, Jilid 2. Jakarta Erlangga. Hermawan, Agus. 2012.

Kim, Eun Young. 2004 . Predicting Online Purchase Intention for Clothing Products. European

Journal of Marketing.

Kotler, Philip & Armstrong, Gary. 2014. Prinsip-prinsip Manajemen. Edisi 14, Jilid 1.

Jakarta. Erlangga

BUDIMAN , NOVAYANTI. 2016. Pengaruh digital marketing dan customer relationship terhadap loyalitas konsumen maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Skripsi diterbitkan, Universitas Hassanudin. Makassar .

Manish & Chaudary, Bhuvnender. 2016 .Getting values from digital marketing.International Joural and Technology.

Megaron.2015. The effect of digital marketing communication tool in the creation brand awareness by housing companies.Yildiz Teknik Universitesi Mimarlik Fakultesi .

Piscesa ,Lisa Kartika. 2010. Dampak digital marketing sebagai media promosi terhadap loyalitas konsumen di ZTE Asian Pasific R&D and Training Center. Skripsi diterbitkan, Universitas Komputer Indonesia. Bandung

Downloads

Published

2021-04-06

How to Cite

Pebrianggara, A., Biduri, S. ., & Prapanca, D. . (2021). Pendampingan UMKM Roti Desa Simoketawang Menuju Enterpreneur Digital. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 5(01). Retrieved from https://ejournal.umm.ac.id/index.php/skie/article/view/13206

Issue

Section

Articles