Strategi Pemasaran Berbasis Media Sosial bagi Pengrajin Batik

Authors

  • Djoko Sigit Sayogo Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Sri Budi Cantika Yuli Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/skie.v1i2.16663

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan strategi pemasaran berbasis media sosial bagi pengrajin Batik di Dolokgede, Bojonegoro. Penelitian mengkombinasikan wawancara, observasi dan analisa dokumen sebagai metodologi untuk mengidentifikasikan permasalahan pengrajin, menentukan kebutuhan konsumen/potensi konsumen dan merancang tindakan strategis yang dapat dilakukan pengrajin Dolokgede untuk menggunakan media sosial sebagai penunjang pemasaran produk mereka. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi kami mengusulkan penggunaan Facebook sebagai alat untuk penunjang pemasaran dengan tiga tujuan: a) meningkatkan jumlah basis “anggota (teman)” dalam laman Dolokgede, b) meningkatkan reputasi merek produk melalui komunitas “anggota (teman)”, dan c) melakukan update kegiatan pengrajin ke komunitas "anggota (teman)". Untuk itu, kami mengusulkan 4 rencana tindakan strategis pemasaran, yaitu: a) memposting konten tentang aktivitas kerja mereka sehari-hari dalam bentuk cerita (story), b) meng-audit dan update laman facebook secara berkelanjutan, c) meningkatkan “like”dan komentar melalui posting konten interaktif dan d) meningkatkan keterlibatan komunitas “anggota (teman)”.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-07-17

How to Cite

Sayogo, D. S., & Yuli, S. B. C. (2021). Strategi Pemasaran Berbasis Media Sosial bagi Pengrajin Batik. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 1(2). https://doi.org/10.22219/skie.v1i2.16663

Issue

Section

Articles