PENDAMPINGAN MANAJEMEN USAHA PADA UKM BAKSO DI PASURUAN
DOI:
https://doi.org/10.22219/skie.v6i01.20403Abstract
Salah satu UKM penjual bakso daging sapi adalah Bakso “Pirang”. Bakso “Pirang” ini awalnya berjualan di pinggir Jurang, sehingga diberikan nama bakso pirang. Saat ini penjualan baksonya mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun- tahun lalu. Sistem penjualan dilakukan secara offline, pemasarannya masih kurang optimal, dan penyusunan laporan keuangannya masih kurang baik. Hal ini berdampak pada perputaran modal kerjanya kurang cepat. Jika semakin cepat uang kembali maka perputaran modal usaha yang terdiri dari perputaran kas, perputaran persediaan dan perputaran piutang akan semakin tinggi, ini berarti pendapatan akan semakin tinggi, dapat dikatakan bahwa profitabilitas semakin tingi. Namun yang dialami oleh Bakso Pirang perputaran modal kerjanya semakin lambat, sehingga pendapatan yang diperoleh semakin menurun. Oleh karena itu, pengabdian ini bertujuan untuk memberikan solusi dari permasalahan yang terjadi di mitra dengan memberikan pengetahuan dan pendampingan dalam pengelolaan atau manajemen usaha. Pengelolaan usaha difokuskan pada pemasarannya. Target luaran yang diharapkan adalah adanya peningkatan pengetahuan mitra dalam manajemen usaha, modul manajemen usaha dan publikasi ilmiah. Kegiatan dalam pengabdian ini adalah sosialisasi kepada mitra, pelatihan dan pendampingan manajemen usaha, serta evaluasi dan monitoring. Oleh karena itu, manfaat pengabdian ini adalah adanya peningkatan pengetahuan mitra dalam manajemen usaha terutama dalam hal pemasaran dan diharapkan volume penjualan dan adanya perluasan akses pemasaran usaha bakso “Pirang” . Disamping itu mitra mampu menyusunan laporan keuangan dengan baik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Siti Zubaidah, Dhaniel Syam, Rizki Febriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The journal use