KINERJA UMKM MELALUI PENGUATAN KELEMBANGAAN DAN DIGITAL MARKETING SAAT PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.22219/skie.v6i02.20493Abstract
Eksistensi UMKM memang tidak dapat diragukan lagi karena terbukti mampu bertahan dan menjadi roda penggerak ekonomi, terutama pasca krisis ekonomi. Abdimas ini memberikan solusi permasalahan yang ada melalui penguatan digital marketing dan kelembagaan terhadap UMKM untuk meningkatkan kinerja UMKM. Metode dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah dengan metode riset aksi atau sering dikenal dengan istilah PAR atau Participatory Action Research.. Mitra dalam kegiatan ini adalah pemilik usaha lele yang berada di desa tersebut. Hasil yang diperoleh saat terjun kelapangan adalah ditemukan kelemahan dari UMKM bahwa UMKM tidak mampu mengatasi masalah pemasaran yang ada serta lemahnya legalitas kelembagaan yang dimiliki sehingga UMKM tidak mampu bersaing. Solusi yang ditawarkan adalah memberikan edukasi dan implementasi digital marketing serta pembuatan legalitas kelembagaan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Detak Prapanca, Sriyono Sriyono, Sarwenda Biduri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The journal use