KINERJA UMKM MELALUI PENGUATAN KELEMBANGAAN DAN DIGITAL MARKETING SAAT PANDEMI COVID-19

Authors

  • Detak Prapanca Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Sriyono Sriyono Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Sarwenda Biduri Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.22219/skie.v6i02.20493

Abstract

Eksistensi UMKM memang tidak dapat diragukan lagi karena terbukti mampu bertahan dan menjadi roda penggerak ekonomi, terutama pasca krisis ekonomi. Abdimas ini memberikan solusi permasalahan yang ada melalui penguatan digital marketing dan kelembagaan terhadap UMKM untuk meningkatkan kinerja UMKM. Metode dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah dengan metode riset aksi atau sering dikenal dengan istilah PAR atau Participatory Action Research.. Mitra dalam kegiatan ini adalah pemilik usaha lele yang berada di desa tersebut. Hasil yang diperoleh saat terjun kelapangan adalah ditemukan kelemahan dari UMKM bahwa UMKM tidak mampu mengatasi masalah pemasaran yang ada serta lemahnya legalitas kelembagaan yang dimiliki sehingga UMKM tidak mampu bersaing. Solusi yang ditawarkan adalah memberikan edukasi dan implementasi digital marketing serta pembuatan legalitas kelembagaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Prapanca, D., Sriyono, S., & Biduri, S. (2022). KINERJA UMKM MELALUI PENGUATAN KELEMBANGAAN DAN DIGITAL MARKETING SAAT PANDEMI COVID-19. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 6(02). https://doi.org/10.22219/skie.v6i02.20493

Issue

Section

Articles