SEARCH ENGINE OPTIMATION DAN SOCIAL MEDIA MARKETING BERAS SEHAT SUBAK BENGKEL TABANAN BALI

Authors

  • Ardik Praharjo Universitas Muhammadiyah Malang
  • Fauzik Lendriyono Universitas mUhammadiyah Malang
  • Yunan Syaifullah

DOI:

https://doi.org/10.22219/skie.v7i02.29655

Abstract

Permasalahan yang kerap dihadapi dunia usaha yaitu kurang optimalnya pemanfaatan teknologi digital sehingga perlu pendampingan agar produk yang diciptakan dapat dipasarkan dengan baik. Penggunaan social media juga masih belum massif digunakan sehingga produk dipasarkan secara tradisional sehingga perlu untuk memanfaatkan pengelolaan sosial media dengan baik. Subak Desa Bengkel merupakan salah satu istilah pengelolaan irigiasi dan pertanian organic yang ada pada Desa Bengkel Kabupaten Tabanan Bali. Subak berfokus pada pengelolaan pengairan yang salah satunya yaitu menghasilkan produk beras sehat dan produk lainnya. Pada perjalanannya belum teroptimalkannya Search Engine Optimization (SEO) dan social media marketing. Kendala aksesbilitas dan pemanfaatan menjadi salah satu hal untuk memasarkan produk beras sehat. Perlunya pendampingan tersebut agar dapat memaksimalkan pemasaran produk beras sehat secara optimal. Kegiatan yang telah dilaksanakan yaitu melakukan studi mendalam tentang jenis-jenis kebutuhan search engine optimation yang digunakan seperti berita dalam website, informasi digital tentang produk beras sehat, dan pemasaran berita dengan menggunakan software. Pelatihan penggunaan tentang penggunaan search engine optimation, pemaksimalan social media marketing dengan menggunakan berbagai macam media sosial yang ada. Strategi konten marketing perlu juga ada dalam pelaksanaan social media marketing. Hasil yang didapat dalam pendampingan ini yaitu pelaku usaha yang ada pada Subak Bengkel dapat melaksanakan aktifitas search optimation media dan digital marketing dengan baik. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan kata kunci yang mudah sehingga produk unggulan yang ada pada desa tersebut dapat mudah ditemukan. Perlunya evaluasi secara berkala tentang pelaksanaan earch engine optimation dan social media marketing yang telah dibuat dengan memaksimalkan media yang ada. Dampak apabila tidak adanya evaluasi secara berkala dapat tergerus dengan aktifitas sejenis sehingga perlunya pembaharuan. Pembaharuan ataupun update dalam dilaksanakan sesuai jadwal dan target dalam usaha tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Praharjo, A., Lendriyono, F., & Syaifullah , Y. (2023). SEARCH ENGINE OPTIMATION DAN SOCIAL MEDIA MARKETING BERAS SEHAT SUBAK BENGKEL TABANAN BALI . Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 7(02). https://doi.org/10.22219/skie.v7i02.29655

Issue

Section

Articles