SOSIALISASI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING BAGI UMKM DI DESA BLIMBING WULUH

Authors

  • Achmad Vandian Nur Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Teguh Purwanto Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Salsabila Ayu Ramadhani Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Vipin Elrima Syahdiva Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Adi Nugroho Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Hilmi Alfayyadh Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • M Ghufanil Muta Ali Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Tika Nursepti Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Sahriswati Sahriswati Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Aries Handoyo Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Nanda Arif Wijaya Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Marisa Hadana Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.22219/skie.v8i01.30313

Abstract

Teknologi digital sangat akrab di era sekarang ini bahkan untuk segala usia. Pemanfaatan teknologi digital yang tepat dapat memberikan dampak yang sangat positif bagi parea penggunanya. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan pemasaran produk usaha yang dimiliki oleh UKM. Namun, minimnya pengetahuan dan pendidikan para pengusaha UKM mengakibatkan kurangnya optimal dalam pemanfaatan internet untuk mendukung usahanya. Salah satu pemanfaatan internet dalam manajemen bisnis adalah digital marketing, yaitu   media social untuk mendapatkan target pasar yang lebih luas. Produk UKM yang dimiliki pelaku usaha di Desa Blimbing Wuluh merupakan produk jasa dan pemasarannya masih hanya dilakukan dengan cara penjualan langsung dengan menawarkan produk secara tatap muka. Sulit menjangkau target pasar yang lebih luas. Oleh karena itu, pemberian pelatihan dan Pendidikan terkait penggunaan digital marketing dapat membantu pelaku UMKM untuk meningkatkan kemampuan pelaku UMKM dalam pemasaran produk yang dijualnya. Data yang telah penulis kumpulkan, dapat disimpulkan bahwa dengan memberikan pelatihan pemasaran digital terhadap masyarakat terutama para pelaku UMKM Desa Blimbing Wuluh diharapkan dapat memberi pengaruh yang sangat besar terhadap peningkatan volume penjualan dan juga meningkatkan keuntungan bagi pengusaha UMKM terutama di desa tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Vandian Nur, A., Purwanto, T., Ramadhani, S. A., Syahdiva, V. E., Nugroho, A., Alfayyadh, H., Ali, M. G. M., Nursepti, T., Sahriswati, S., Handoyo, A., Wijaya, N. A., & Hadana, M. (2024). SOSIALISASI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING BAGI UMKM DI DESA BLIMBING WULUH. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 8(01). https://doi.org/10.22219/skie.v8i01.30313

Issue

Section

Articles