PENDAMPINGAN BRANDING DAN SERTIFIKASI HALAL BAGI PELAKU UMKM MUSLIM DI DESA SUKORAHARJO KEPANJEN MALANG

Authors

  • Ika Khusnia Anggraini Universitas Brawijaya
  • Dwi Retno Widiyanti Universitas Brawijaya
  • Nanik Shofiatin Universitas Brawijaya
  • Siti Nanda Rahmatillah Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.22219/skie.v8i01.30361

Abstract

Desa Sukoraharjo yang memiliki kondisi yang masih asri dengan persawahan dan perkebunan yang membentang luas namun masih belum cukup menjadikan desa ini unggul dari aspek kesejahteraan dan optimalisasi potensi desa. Selain masyarakat yang bermata pencaharian sebagai petani, banyak diantaranya menggeluti dunia usaha skala mikro atau rumah tangga (UMKM). Namun para pelaku UMKM di Desa ini masih kurang literasi dalam hal optimalisasi pengelolaan produk-produk nya terutama dalam strategi branding dan beberapa hal prosedural seperti sertifikasi halal. Maka pengabdian kali ini mengusung tema tentang branding produk dan sertifikasi halal dengan tujuan dapat memberikan wawasan kepada para pelaku UMKM di Desa Sukoraharjo sehingga mampu meningkatkan pengelolaan produk-produknya pada aspek branding serta jaminan halal dikarenakan mayoritas masyarakat Desa Sukoraharjo adalah muslim. Dengan peningkatan literasi tersebut diharapkan mampu meningkatkan penjualan produk-produk UMKM masyarakat Desa Sukoraharjo dan taraf hidup masyarakatnya. Oleh karena itu, perlu Langkah konkrit yang diawali dengan upaya pendampingan dalam mengidentifikasi kalangan UMKM yang faktanya masih banyak yg belum sejahtera karena kurang optimalnya di bidang branding produk dan wawasan tentang sertifikasi halal. Pendampingan dilakukan secara intensif diawali oleh survey awal guna mengidentifikasi sejauh mana pengetahuan masyarakat terkait literasi branding produk dan sertifikasi halal, selanjutnya dilakukan sosialisasi dan pemberian materi tentang strategi-strategi branding produk serta prosedur sertifikasi halal dan manfaatnya bagi pengembangan produk UMKM yang dilanjutkan dengan evaluasi serta tindak lanjut. Hal ini diperlukan karena tidak semua masyarakat desa telah teredukasi dalam menggunakan aplikasi berbasis digital terutama bagi kalangan usia menengah keatas. Tuntutan era modern yang serba digital mendorong untuk dilakukan transformasi digital termasuk dalam bidang pemasaran seperti branding dan sertifikasi halal bagi para pelaku UMKM agar menunjang dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat kecil di Desa Sukoraharjo.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Anggraini, I. K., Widiyanti, D. R., Shofiatin, N., & Rahmatillah, S. N. (2024). PENDAMPINGAN BRANDING DAN SERTIFIKASI HALAL BAGI PELAKU UMKM MUSLIM DI DESA SUKORAHARJO KEPANJEN MALANG. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 8(01). https://doi.org/10.22219/skie.v8i01.30361

Issue

Section

Articles