BRANDING DAN PACKAGING PRODUK JAMU INSTAN SEBAGAI PENGUAT EKONOMI KELUARGA KELOMPOK MATAHARI DUSUN NGANDAT- BATU

Authors

  • Novi Puji Lestari Universitas Muhammadiyah Malang
  • Ratya Shafira Arifiani University of Muhammadiyah Malang
  • Aniek Rumijati Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/skie.v8i01.32895

Abstract

Rempah-rempah di Indonesia cukup melimpah dan banyak sekali pemanfaatan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia khususnya sebagai bentuk olahan herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh ataupun untuk sekedar menghangatkan kondisi badan. Jamu merupakan salah satu minuman tradisional Indonesia yang dibuat dari berbagai macam rempah khas Indonesia, yang memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Dengan kebutuhan yang semakin banyak, maka jamu diproses dan diolah tidak hanya dalam bentuk minuman, namun juga dibuat dalam bentuk bubuk atau instan sehingga masyarakat dapat mengonsumsi kapan saja dan dimana saja.  Dusun Ngandat merupakan daerah yang ada di Kota Batu yang mampu memanfaatkan olahan rempah-rempah menjadi jamu yang praktis untuk dinikmati yaitu jamu instan. Namun selama ini olahan jamu instan ini belum mampu menjangkau pasar yang lebih luas karena terkait dengan packaging dan branding yang dirancang belum ada. Padahal, dengan adanya branding dan kemasan yang menarik, maka produk tersebut akan menarik masyarakat untuk membeli serta mengonsumsinya. Tim Pengabdian Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang dalam kegiatan blockgrant fakultas akan melakukan pengabdian dengan fokus kegiatan pada kegiatan branding dan packaging olahan jamu instan tersebut untuk memperoleh jangkauan pemasaran yang lebih luas.  Kegiatan pengabdian ini telah memiliki Packaging baru yang telah didesain oleh mahasiswa yang tergabung dalam Pengabdian Masyarakat Mahasiswa (PMM) yang siap dipasarkan kepada Masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Lestari, N. P., Arifiani, R. S., & Rumijati, A. (2024). BRANDING DAN PACKAGING PRODUK JAMU INSTAN SEBAGAI PENGUAT EKONOMI KELUARGA KELOMPOK MATAHARI DUSUN NGANDAT- BATU. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 8(01). https://doi.org/10.22219/skie.v8i01.32895

Issue

Section

Articles