BRANDING DAN PACKAGING PRODUK JAMU INSTAN SEBAGAI PENGUAT EKONOMI KELUARGA KELOMPOK MATAHARI DUSUN NGANDAT- BATU
DOI:
https://doi.org/10.22219/skie.v8i01.32895Abstract
Rempah-rempah di Indonesia cukup melimpah dan banyak sekali pemanfaatan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia khususnya sebagai bentuk olahan herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh ataupun untuk sekedar menghangatkan kondisi badan. Jamu merupakan salah satu minuman tradisional Indonesia yang dibuat dari berbagai macam rempah khas Indonesia, yang memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Dengan kebutuhan yang semakin banyak, maka jamu diproses dan diolah tidak hanya dalam bentuk minuman, namun juga dibuat dalam bentuk bubuk atau instan sehingga masyarakat dapat mengonsumsi kapan saja dan dimana saja. Dusun Ngandat merupakan daerah yang ada di Kota Batu yang mampu memanfaatkan olahan rempah-rempah menjadi jamu yang praktis untuk dinikmati yaitu jamu instan. Namun selama ini olahan jamu instan ini belum mampu menjangkau pasar yang lebih luas karena terkait dengan packaging dan branding yang dirancang belum ada. Padahal, dengan adanya branding dan kemasan yang menarik, maka produk tersebut akan menarik masyarakat untuk membeli serta mengonsumsinya. Tim Pengabdian Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang dalam kegiatan blockgrant fakultas akan melakukan pengabdian dengan fokus kegiatan pada kegiatan branding dan packaging olahan jamu instan tersebut untuk memperoleh jangkauan pemasaran yang lebih luas. Kegiatan pengabdian ini telah memiliki Packaging baru yang telah didesain oleh mahasiswa yang tergabung dalam Pengabdian Masyarakat Mahasiswa (PMM) yang siap dipasarkan kepada Masyarakat.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Novi Puji Lestari, Ratya Shafira Arifiani, Aniek Rumijati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The journal use