Pelatihan Kewirausahaan dan Manajemen Usaha pada Anggota Koperasi Pemasaran Berkah Amanah Mandiri Kabupaten Madiun

Authors

  • Choirum Rindah Istiqaroh Universitas Merdeka Madiun
  • Novy Rachma Herawati Universitas Merdeka Madiun
  • Samsu Anhari Faujianto Universitas Merdeka Madiun

DOI:

https://doi.org/10.22219/skie.v8i02.34750

Abstract

Kewirausahaan memiliki peranan penting sehingga banyak diminati oleh masyarakat saat ini. Pentingnya wirausaha di dalam masyarakat tersebut tidak sekedar menjadi ‘alat’ untuk melakukan perbaikan dan perubahan di dalam kualitas hidup diri dan masyarakat, tetapi juga wirausaha juga dibuktikan dapat berperan signifikan di dalam mewujudkan kualitas diri masyarakat dan bangsa. Selain menumbuhkan jiwa kewirausahaan, manajemen usaha juga diperlukan untuk keberlangsungan usaha yang ada. Saat ini para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di wilayah Kabupaten Madiun tergabung dalam suatu wadah yang bernama Koperasi Pemasaran Berkah Amanah Mandiri, walaupun tidak semuaya tergabung dalam koperasi pemasaran, jumlah anggota dari koperasi ini bisa dikatakan juga masih sedikit sebesar 30 orang, dan koperasi pemasaran ini merupakan satu-satunya yang ada di wilayah Kabupaten Madiun,. Adapun usaha yang dijalankan adalah makanan minuman, kriya/kerajinan (homemade) dan batik. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah petaihan dan juga pendampingan, adapun tujuan lainnya pengabdian ini adalah menambah pengetahuan dan juga skill yang dimiliki oleh para pelaku usaha, serta memberikan pendampingan tentang kewirausahaan dan juga manajemen usaha kepada masing-masing pelaku usaha,dan meningkatkan kesadaran dari para pelaku usaha tentang manfaat dan keuntungan dari koperasi. Anggota peserta yang hadir dalam pelatihan sebanyak 15 orang, Dimana para peserta pelatihan sangat antusias mengikuti pelatihan, dan merasakan dampak positif pelatihan. Para peserta mengikuti sesi diskusi manajemen usaha dan kewirausahaan serta mengikuti pelatihan digital marketing hingga tuntas. Hasilnya para peserta pelatihan mampu membuat iklan produk secara digital, dan mampu membuat tampilan dan konten yang menarik untuk masing-masing produknya, sehingga mereka lebih semangat dalam mempromosikan produk-produknya secara digital. Serta, peserta dapat melakukan penyusunan laporan keuangan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Istiqaroh, C. R., Herawati, N. R., & Faujianto, S. A. (2024). Pelatihan Kewirausahaan dan Manajemen Usaha pada Anggota Koperasi Pemasaran Berkah Amanah Mandiri Kabupaten Madiun. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 8(02). https://doi.org/10.22219/skie.v8i02.34750

Issue

Section

Articles