BRANDING BATIK DAN PENINGKATAN WARNA ALAM BERBASIS PEMBERDAYAAN PEMUDA DESA DI BATIK ULURWIJI MOJOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.22219/skie.v8i02.36505Abstract
CV. Ulurwiji Muda Berdaya adalah wirausaha sosial di bidang Fashion berbasis Eco-Friendly Creative yang memproduksi berbagai macam produk batik dengan pewarna alami yang ramah lingkungan dan dikerjakan melalui program pemberdayaan anak - anak muda di Desa. Melalui kegiatan pengabdian pada CV. Ulurwiji, dengan tema “Penguatan Branding Batik Melalui Pemberdayaan Pemuda Desa dan Penggunaan Bahan Pewarna Alam Lokal Guna Meningkatkan Minat Beli Masyarakat.” Kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat membantu mitra dalam mengembangkan usahanya sehingga tercapai tujuan memperluas pangsa pasar dengan penguatan branding serta memperluas pemahaman masyarakat akan pentingnya penggunaan pewarna alam serta dapat meningkatkan perekonomian para pemuda disekitar CV. Ulurwiji. Adapun permasalahan yang diselesaikan, yaitu terkait branding, dan penggunaan alat baru yang tepat guna untuk pemasaran beserta layanan konsumen. Penggunaan metode pelaksanaan dengan pendekatan partisipasif (bottom - up), untuk observasi hingga FGD berkolaborasi metode PRA (Participatory Rapid Appraissal), POAC, 6M, dan MVP berdasarkan waktu pra, purna, serta pasca. Pelaksanaan yang sudah dilaksanakan adalah pengarahan untuk operasional; pendampingan edukasi kepada konsumen; dan pembinaan penggunaan peralatan. Luaran kegiatan pengabdian ini yakni branding batik, alat bantu peraga pameran batik, media foto untuk mendukung pembuatan konten batik, publikasi artikel pada jurnal bersinta dan HKI.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Chalimatuz Sa'diyah, Kenny Roz, Luqman Dzul Hilmi Hilmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The journal use