PEMANTAPAN DAN PENANAMAN NILAI DAN SIKAP ANTI KORUPSI PADA ANAK-ANAK DENGAN PERMAINAN YANG MENYENANGKAN (PERMAINAN SEMAI DARI “GERAKAN SPAK”-KPK)

Authors

  • Nurul Nurul Badriyah

DOI:

https://doi.org/10.22219/skie.v2i01.5493

Abstract

Ketika anak-anak sudah memahami melalui permainan, mereka kemudian akan tumbuh dengan nilai-nilai tersebut. Dengan permainan yang menyenangkan, anak-anak diharapkan akan tumbuh menjadi pribadi yang berkarater mulia dan berintegritas. Salah satu upaya KPK dalam tindakan pencegahan korupsi adalah melalui permainan SEMAI. Permainan Sembilan Nilai (SEMAI) antikorupsi yang merupakan salah satu permainan yang dikenalkan oleh Gerakan “Saya Perempuan Anti Korupsi” (SPAK) dan KPK adalah jenis permainan yang ditujukan untuk anak-anak sebagai bagian dari gerakan untuk mencoba menanamkan nilai-nilai antikorupsi kepada anak-anak. Pengabdian ini dilakukan pada siswa di SD Negeri Percobaan 1 Kota Malang kelas 3. Secara khusus, dampak positif terbentuk pada siswa SD Negeri Percobaan 1 Kota Malang kelas 3 sebagai objek yang dituju pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini. Perubahan perilaku ini terlihat dalam kemandirian dalam Jum’at Bersih, penghematan untuk konsumsi di sekolah, peningkatan amal yang dilaksanakan dalam Jum’at Berbagi, kedisiplinan yang terlihat dalam penurunan jumlah siswa yang terlambat, serta kepercayaan diri yang terlihat dalam kegiatan ulangan. Kegiatan ini merupakan perwujudan dari upaya ikut serta dalam pencegahan tindakan korupsi dan meningkatkan kepekaan terhadap sikap dan nilai anti korupsi sejak dini, sehingga perlu dilaksanakan kegiatan pemantapan dan sosialisasi sikap dan nilai ini terhadap anak-anak sejak dini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-03-05

How to Cite

Nurul Badriyah, N. (2018). PEMANTAPAN DAN PENANAMAN NILAI DAN SIKAP ANTI KORUPSI PADA ANAK-ANAK DENGAN PERMAINAN YANG MENYENANGKAN (PERMAINAN SEMAI DARI “GERAKAN SPAK”-KPK). Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 2(01). https://doi.org/10.22219/skie.v2i01.5493

Issue

Section

Articles