MEKANISASI PEMADATAN LOG BOG UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI JAMUR TIRAM DI DESA GENENG, KEC. GENENG, KAB. NGAWI

Authors

  • Kuntang Winangun Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Wawan Trisnadi Putra Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Fadelan Fadelan Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Nanang Suffiadi

DOI:

https://doi.org/10.22219/skie.v3i2.7477

Keywords:

Mesin pemadat log jamur tiram, jamur tiram

Abstract

Masyarakat Desa Geneng Kecamatan Geneng yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani padi serta buruh tani, sehingga membutuhkan penghasilan tambahan sebelum musim panen. Salah satu upaya untuk meningkatkan penghasilan masyarakat di Desa Geneng adalah dengan budidaya jamur tiram yang memanfaatkan limbah serbuk kayu sebagai media tanam. Metode yang digunakan yaitu memberikan sosialisasi pemanfaatan limbah serbuk kayu dan bekatul sebagai media tanam jamur tiram. Penggunaan mesin pemadat log bog jamur tiram dapat meningkatkan produksi jamur tiram, mesin dapat mempermudah pemadatan log bog dan mengurangi tenaga pekerja dalam memproduksi log bog jamur tiram. Prosedur kerja yang dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan sebagai berikut (1) Konsultasi: Kegiatan ini dilaksanakan sebelum pelatihan. Ini bertujuan untuk menggali minat, bakat, dan potensi yang di miliki oleh warga Desa Geneng. (2) Pelatihan : Peserta diberi bekal teori dengan ceramah dan diskusi budidaya jamur tiram. (3) Pendampingan: Masyarakat diberikan pendampingan penggunaan alat pemadat log jamur tiram untuk mempercepat proses produksi. Kegiatan praktek yang akan dilakukan oleh warga adalah proses budidaya jamur tiram dan penggunaan alat pemadat log jamur tiram yang dibimbing oleh tim pengabdi.

References

Badan Pusat Statistik. 2014. Katalog Badan Pusat Statistik Kabupaten Ngawi.

Badan Pusat Statistik. 2017. Katalog Badan Pusat Statistik Kabupaten Ngawi.

Dwi Saputro, Angga. (2015). Perencanaan Mesinpemadat Serbuk Kayu Sebagai Media Tanam Jamur Tiram. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Karsidi, R. (2007). Pemberdayaan Masyarakat untuk Usaha Kecil dan Mikro. Jurnal Penyuluhan, 3(2), 136-145.

Reyeki Setyowati. 2013. Pemanfaatan Serbuk Gergaji Kayu Sengon (Albizia Falcataria) Dan Bekatul Sebagai Media Tanam Budidaya Jamur Tiram Putih (Pleurotus Ostreatus) Dengan Penambahan Serbuk Sabutkelapa (Cocos Nucifera). Naskah Publikasi. Jurusan Biologi FKIP-UMS.

Widyastuti, N. (2008). Limbah Gergaji Kayu sebagai Bahan Formula Media Jamur Shiitake (Lentinula edodes). Jurnal Teknik Lingkungan, 3(1), 1-6.

Downloads

Published

2019-08-30

How to Cite

Winangun, K., Putra, W. T., Fadelan, F., & Suffiadi, N. (2019). MEKANISASI PEMADATAN LOG BOG UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI JAMUR TIRAM DI DESA GENENG, KEC. GENENG, KAB. NGAWI. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 3(2). https://doi.org/10.22219/skie.v3i2.7477

Issue

Section

Articles