Nilai-Nilai Islami pada Budaya Organisasi di Universitas Muhammadiyah Malang

Authors

  • Sri Budi Cantika Yuli Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jiko.v3i02.6959

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik budaya organisasi Islami di Universitas Muhammadiyah Malang sebagai upaya meningkatkan kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi, dengan meneliti pengalaman yang disadari oleh informan (conscious experience). Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi sehingga dapat menggali lebih dalam tentang karakteristik budaya organisasi Islami yang ada di Universitas Muhammadiyah Malang. Informan penelitian ini adalah (1) Pimpinan Universitas; (2) Pimpinan Fakultas; (3) Dosen; (4) Karyawan. Teknik analisis data kualitatif dalam penelitian ini menggunakan 3 (tiga) analisis yaitu: Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa persepsi terhadap budaya organisasi Islami dilihat dari persepsi pimpinan, dosen dan karyawan terhadap kepemimpinan, norma dan praktek manajemen, cerita dan tokoh, tradisi dan ritual, serta persepsi terhadap simbol. Karakteristik budaya organisasi islami yaitu meliputi (1) Shiddiq untuk mencapai personal excellence yaitu sikap jujur, transparan dan akuntabel, (2) Amanah untuk mencapai inter-personal capital yaitu sikap adil dan komitmen,(3) Tabligh untuk mencapai visionary and communicative leadership yaitu sikap komunikatif dan terbuka, (4) Fathonah untuk mencapai professionalism and technical leadership yaitu cerdas, kompeten dan inovatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Purwanti, Putu Ayu Pramitha. 2009. Analisis Kesempatan Kerja Sektoral di Kabupaten Bangil Dengan Pendekatan Pertumbuhan Berbasis Ekspor. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Udayana, Denpasar: Piramida.

J.Simanjuntak, Payaman. 1998. Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Eonomi Universitas Indonesia.

Sumarsono, Sonny. 2003. Ekonomi Manajement Sumber Daya Manusia dan Ketenagakerjaan, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sumarsono, Sonny. 2009. Teori dan Kebijakan Publik Ekonomi Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama.

Yogyakarta: Graha Ilmu.

Todaro, Michael. 1994. Pembangunan Ekonomi. Jakarta. Erlangga.

Todaro Michael. 1998. Pembangunan Ekonomi di dunia ke 3. Jakarta. Erlangga. Undang-Undang Republik Indonesia Nomer 39 Tahun 2014 Tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri. di unduh 11 januari 2015 di www.Hukumonline.com.

Marvasti B.Amir. 2004. Qualitative Research in Sociology. Stage Publications, London.

Burrell, Gibson and Morgan.1979. Sociology Paradigma and Organisational Analysis. FS2EK, London. Bogdan, R. dan Taylor, J. S.1992. Introduction to Qualitative Research Methods: A Phenomenological

Approach to the Social Sciences. Arief Furchan (penerjemah). Pengantar Metoda Penelitian Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional.

Moleong, Lexy.2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Parera, M. F., Berger, P. L., and Luckmann, T. 2012. The Social Construction of Social Reality: A Treatise in Socilology of Knowledge. Hasan Basri (penerjemah) Tafsir Sosial atas Kenyataan Risalah tentang Sosiologi Pengetahuan. Jakarta: LP3ES.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfa Beta.

Miles, Huberman. 1994. Qualitative Data Analysis. SAGEPUBLICATION, London.

Downloads

Published

2018-11-05

Issue

Section

Articles