Persepsi Konsumen pada Endorser Selebriti Produk Shampo Merek Pantene
DOI:
https://doi.org/10.22219/jiko.v3i02.6962Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap endorser selebriti produk shampo merek Pantene sekaligus variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap persepsi konsumen diantara variabel visibility, credibility, attraction dan power selebriti yang digunakan sebagai konstruk dari variabel endorser. Dari hasil penelitian yang akan dilakukan diperoleh bahwa persepsi konsumen tinggi diperkirakan untuk penilaian pada attraction sebagai endorser produk shampo merek Pantene. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata skor indikator tersebut diperkirakan masuk pada kriteria tinggi. Indikator yang dimiliki selebritis diharapkan mempunyai daya tarik fisik/penampilan yang menarik, dan berkualitas baik dari segi kepribadian maupun kecantikan yang dimiliki endorser.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 1991. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek Edisi. Revisi. PT Rineka Cipta. Jakarta.
Ardianto, dan Komala, Lukiah. 2004. Komunikasi Massa : Suatu Pengantar. Simbiosa.
Baksin, Askurifai. 2006. Jurnalistik Televisi: Teori dan Praktik. Bandung: Simbiosa.
Bilson Simamora, 2002, Panduan Riset Perilaku Konsumen, Surabaya: Pustaka.
Buchory, Achmad Herry & Saladin Djaslim. 2008.Manajemen Pemasaran:Edisi Pertama.Bandung:Linda Karya
Belch, George E, dan Belch, Michael A. 2004. Advertising and Promotion, An Integrated Marketing Communications Perspective, sixth edition.
Hapsari. 2008. Analisis Perbandingan Penggunaan Celebrity. Endorser Dan Typical-Person Endorser Iklan Televisi Jakarta. Penerbit Salemba. Empat.]
Hardiman. IMA, 400 Istilah PR Media & Periklanan, Gagas Ulung, Jakarta]
Kotler, P. & Keller, K.L. 2007. Manajemen Pemasaran, Ed12. Jilid 2. Penerbit PT Indeks : Jakarta.]
Malhotra, N.K. 2004. Marketing Research: An Applied Orientation. 4 th. Edition.]
O’Mahony, Sheila and Meenaghan, Tony. 1998. The Impact of Celebrity Endorsements on Customers
Royan, Frans M. 2004. Marketing Selebrities. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Peter, J. Paul, 2000, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Jakarta: Ardadizya
Schiffman, Leon, & Kanuk, Leslie Lazar. 2008. Consumer Behaviour 7 th. Edition. (Perilaku Konsumen). Jakarta: PT. Indeks.
Shimp, Terence A. 2000. Periklanan Promosi. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sugiyono, 2002. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Kedua. Bandung. CV Alfa Beta
Suryani, Tatik, 2008. Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Graha Ilmu
Suyanto. 2004, Aplikasi Desain Grafis untuk Periklanan. Andi,. Yogyakarta
Zikmund. 2004, Metode Penelitian. Jakarta