PERANCANGAN TRAINER MIKROKONTROLER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN NILAI PEREKAYASAAN SISTEM KONTROL PADA SMK

Authors

  • Febriana Suryania Universitas Negeri Jakarta
  • Moch. Sukardjo Universitas Negeri Jakarta
  • M. Yusro Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.22219/jinop.v5i2.7701

Keywords:

Inovasi Pembelajaran

Abstract

Penelitian menggunakan R&D dengan metode ADDIE dan Borg & Gall sebagai penelitian pendahuluan. Penelitian dilakukan di SMK Teknik Elektronika Industri, dengan jumlah responden 31 siswa yang akan mengambil mata pelajaran perekayasaan sistem kontrol. Penelitian ini merancang trainer mikrokontroler sebagai media pembelajaran pada kurikulum 2013 dengan melihat nilai kognitif dan psikomotor sebagai hasil peningkatan siswa. Penelitian ini dibuat karena perubahan kurikulum yang berdampak pada perubahan mata pelajaran praktikum yang mengakibatkan kebutuhan akan prasarana sebagai penunjang belajar praktikum. Penilaian  menggunakan tes pilihan ganda yang sudah divalidasi terlebih dahulu dan kemudian diujikan kepada siswa dengan membandingkan antara nilai pretest dan posttest. Kemudian, penelitian ini menggunakan uji-t sebagai perhitungan dalam mengetahui tingkat efektifitas belajar baik secara kognitif maupun psikomotor.

Kata kunci: ADDIE, Trainer Mikrokontroler, psikomotorik, efektifitas

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

11/29/2019

How to Cite

Suryania, F., Sukardjo, M., & Yusro, M. (2019). PERANCANGAN TRAINER MIKROKONTROLER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN NILAI PEREKAYASAAN SISTEM KONTROL PADA SMK. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(2), 123–138. https://doi.org/10.22219/jinop.v5i2.7701