KEBUTUHAN AFILIASI DENGAN INTENSITAS MENGAKSES FACEBOOK PADA REMAJA

Authors

  • Hefrina Rinjani dan Ari Firmanto

DOI:

https://doi.org/10.22219/jipt.v1i1.1359

Abstract

Salah satu sumber informasi internet yang saat ini sangat terkenal di kalangan masyarakat adalah situs jejaring sosial facebook. Situs jejaring sosial facebook ini dapat dimanfaatkan untuk mencari teman sebanyakbanyaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebutuhan afiliasi dengan intensitas mengakses facebook pada remaja. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja berusia 12-22 tahun yang memiliki akun facebook. Sampel penelitian ini berjumlah 50 orang dan sampling yang digunakan adalah incendental sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala dan dokumentasi, selanjutnya dianalisa dengan korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh hasilrxy=0,675 p= 0,000yang berarti adanya hubungan positif dan sangat signifikan antara kebutuhan afiliasi dengan intensitas mengakses facebook pada remaja. Sumbangan efektif kebutuhan afiliasi dengan intensitas mengakses facebook sebesar 45,6%.

Kata kunci: Kebutuhan Afiliasi, Intensitas Mengakses Facebook, Remaja

Facebook is one of a well known social media nowadays. Facebook can be used to find friends as much as it can. This research aimed to know correlation between need of affilliation and intensity in using Facebook. Population in this research is adolescent in 12-22 years old who has Facebook account. Samples consisted of 50 people and sampling technique used is incidental sampling. Data collection method used is scale and documentation, while data analysis method is product moment correlation. The resulted showed correlation coefficient value (r) = 0,675 and level of siginificance (p) = 0,000, which means there is significant and positive correlation between need for affiliation and Facebook accessing intensity in adolescent. Effective contribution of affiliation needs with Facebook accessing intensity is 45.6%.

Keywords: Affiliation Needs, Facebook Accessing Intensity, Adolescent


Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

How to Cite

Ari Firmanto, H. R. dan. (2013). KEBUTUHAN AFILIASI DENGAN INTENSITAS MENGAKSES FACEBOOK PADA REMAJA. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 76 –. https://doi.org/10.22219/jipt.v1i1.1359

Issue

Section

Editorial Information