SELF-REGULATED LEARNING (SRL) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA

Authors

  • Siti Suminarti Fasikhah dan Siti Fatimah

DOI:

https://doi.org/10.22219/jipt.v1i1.1364

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan self-regulated learning terhadap peningkatan akademik (IP) pada mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan dua kelompok secara random. Subjek penelitian berjumlah 54 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah self-report dan dokumentasi. Analisa data menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kelompok yang diberi pelatihan SRL memiliki prestasi akademik lebih tinggi dibandingkan kelompok yang tidak diberi pelatihan SRL dengan nilai p< 0,003. Dimana kelompok yang diberi pelatihan memiliki nilai rata-rata indeks prestasi (IP) lebih tinggi dengan mean = 2,78 dibandingkan kelompok yang tidak diberi pelatihan dengan
nilai mean = 2,47.

Kata kunci: Self-Regulated Learning, Prestasi Akademik

This study aimed to know the effect of SRL training on developing students' academic achievement. The subject were 54 students. The methods of collecting data were self report and documentation. The data analysed by Independent sample t-test. The findings showed that the group who trained SRL have higher academic achievement than those who were not given SRL training with p<0.003. The group who were given training of SRL have higher grade point average by mean=2,78 if it's compared to the group who were not given training of SRL by mean=2,47.

Keywords
: Self-Regulated Learning, Academic Achievement

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

How to Cite

Siti Fatimah, S. S. F. dan. (2013). SELF-REGULATED LEARNING (SRL) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 145 –. https://doi.org/10.22219/jipt.v1i1.1364

Issue

Section

Editorial Information