Use of Real Object Media to Improve Students' Multiplication Learning Outcomes in Elementary School Classes
DOI:
https://doi.org/10.22219/jtlm.v2i1.31629Keywords:
Classroom action research, Multiplication, Real objects , CandyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengamati penggunaan media benda nyata dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkalian di kelas II Sekolah Dasar. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa pada materi perkalian yang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 1 Sukamanah yang berjumlah 20 orang, yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 dengan menggunakan media benda nyata yang terdiri dari dua siklus. Metode pengumpulan data dilakukan melalui evaluasi, dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes tulis pilihan ganda. Analisis data dilakukan secara mekanis dengan menggunakan persentase data kuantitatif yaitu hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan hasil belajar matematika pada materi perkalian di kelas II Sekolah Dasar. Berdasarkan analisis ketuntasan hasil belajar siswa, data awal menunjukkan presentase ketuntasan sebesar 35% dengan rata-rata kelas mencapai 57,5 yang belum mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 70. Setelah menggunakan alat peraga berupa media benda nyata pada siklus I ketuntasan mencapai 30% dengan nilai rata-rata 57,5. Pada siklus II ketuntasan meningkat menjadi 70% dengan nilai rata-rata 72,5. Oleh karena itu, siklus PTK yang dilaksanakan secara berulang menunjukkan bahwa penggunaan benda nyata efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep perkalian. Dengan melibatkan media benda nyata, pembelajaran perkalian menjadi lebih menyenangkan dan relevan bagi siswa sehingga dapat mencapai hasil belajar yang lebih baik.
Downloads
References
Aini, S., Asran, M., & Abdussamad. (2015). Penggunaan Media Konkrit dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–14.
Aminah, S. (2017). Penggunaan Model Active Learning Tipe Role Reversal Question pada Siswa SD Negeri 007 Sungai Kubu Rokan Hilir. Jurnal Serambi PTK, 4(2), 20–28.
Baharun, H. (2015). Penerapan Pembelajaran Active Learning Untuk Meningkatkan. Jurnal Pendidikan Pedagogik, 1(1), 34–45.
Choirudin, C., Ridho’i, A. V., & Darmayanti, R. (2021). The slidesgo platform is a solution for teaching" building space" in the era of independent learning during the pandemic. AMCA Journal of Religion and Society, 2, 47–52.
Darmayanti, R. (2024). Programmed learning in mathematics education before and after the pandemic: Academics Integrate technology. Assyfa Learning Journal, 1.
Gobel, E. C. D., Arifin, I. N., & Hardiyanti, W. E. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Real Object Terhadap Minat Belajar Anak Pada Tema Alam Semesta Di TK Kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(2), 162–173. https://doi.org/10.33369/jip.7.2.162-173
Haanurat, A. I., Darmayanti, R., & Choirudin, C. (2024). Journal submission challenges: mentoring and training students in open journal system scientific paper publication. Jurnal Inovasi Dan Pengembangan Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(1).
Hakim, M. N., Darmayanti, R., & Amien, S. (2024). Weaving Muhammadiyah educational hope: Implementation of behavior theory in the curriculum. AMCA Journal of Education and Behavioral Change, 4(1), 6–16.
Hasan, Y., Efrina, E., & Muspita, R. (2018). Pemanfaatan Media Realia dengan Program Pembelajaran Individual dalam Mengenal Konsep Bilangan Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 6. https://doi.org/10.24036/jpkk.v2i2.455
Hwang, G. J. (2017). Facilitating and bridging out-of-class and in-class learning: An interactive E-book-based flipped learning approach for math courses. Educational Technology and Society, 20(1), 184–197.
Kusumaningsih, D., Darmayanti, R., & Latipun, L. (2024). Mendeley Software improves students’ scientific writing: Mentorship and training. Jurnal Inovasi Dan Pengembangan Hasil Pengabdian Masyarakat, 1.
Kuswariyanti, N. (2021). Pengembangan Media Realia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 3(2), 172–179. https://doi.org/10.33503/prismatika.v3i2.1296
Mahendra, I. W. E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Dalam Pembelajar Matematika. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 106–114. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257
Mas’odi, M., Hakim, M. N., Darmayanti, R., & Amien, S. (2024). Weaving Muhammadiyah educational hope: Implementation of behavior theory in the curriculum. AMCA Journal of Education and Behavioral Change, 4(1), 6–16.
Meilida, A. (2022). Analisis Kesulitan Mengerjakan Perkalian Dan Pembagian Pada Siswa Kelas VI Di SDN Dangu Hulu Sungai Tengah. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 38–45. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.494
Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Smp Melalui Pendekatan Open Ended. Prisma, 6(2), 119–131. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122
Nurfadhillah, S., Ramadhanty Wahidah, A., Rahmah, G., Ramdhan, F., Claudia Maharani, S., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika Dan Manfaatnya Di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 289–298.
Patmawati. (2021). Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Dengan Benda-Benda Manipulatif Melalui Pendekatan Realistik Di Kelas II SDN 7 Masbangun. Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Karakter, 1(1), 16.
Permadi, A. S., & Repitae, R. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Dengan Media Konkret Pada Peserta Didik Kelas IV SDN-3 Telangkah …. … : Jurnal Pendidikan.
Qomariyah, S., Usmiyatun, U., Rosyidah, U., & Darmayanti, R. (2024). ADVANCEMENT OF MATHEMATICAL NON-TEST INSTRUMENTS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 861–877.
Rani, V. (2018). ETNOMATEMATIKA PADA CANDI RATU BOKO SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, April, 152–160.
Sefira, R., Setiawan, A., Hidayatullah, R., & Darmayanti, R. (2024). The Influence of the Snowball Throwing Learning Model on Pythagorean Theorem Material on Learning Outcomes. Edutechnium Journal of Educational Technology, 1, 1–7.
Ustrining, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 216–227. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.18623