Rancang Bangun Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Stroberi Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Web

Main Article Content

Nina Mauliana Noor Fajriah
Yufis Azhar
Gita Indah Marthasari

Abstract

Sistem Pakar merupakan sebuah sistem yang bekerja nya mengambil pengetahuan seseorang ke dalam komputer yang nanti nya diolah sedemikian rupa untuk mewakili kemampuan dalam menyelesaikan masalah menyerupai seorang pakar. Metode yang dipakai dalam pembuatan aplikasi ini adalah metode Certainty factor. Metode ini sangat tepat digunakan untuk sistem pakar dalam menentukan suatu entitas apakah absolut atau tidak dalam mendiagnosa, misalnya sistem pakar diagnosa penyakit tanaman stroberi. Aplikasi ini memungkinkan pengguna nya untuk mendiagnosa penyakit pada tanaman stroberi sebelum melakukan tindakan lebih lanjut. Aplikasi ini dibangun dengan memakai PHP sebagai bahasa pemograman nya MySQL sebagai penyimpanan datanya. Pada saat pengguna melakukan konsultasi aplikasi akan menampilkan gejala-gejala penyakit dan pengguna dapat memilih tingkat keyakinan dari gejala penyakit yang dipilih. Hasil akhir aplikasi ini berupa jenis penyakit berdasarkaan inputan gejala yang dipilih serta cara penanganannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
N. M. N. Fajriah, Y. Azhar, and G. I. Marthasari, “Rancang Bangun Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Stroberi Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Web”, JR, vol. 1, no. 1, Jan. 2024.
Section
Pengembangan Perangkat Lunak

References

Rukmana, H.R, Stroberi Budidaya dan Pascapanen. Yogyakarta : Kanisius, 1998.

Durkin, John, Expert Systems Design and Development. New Jersey : Prentice Hall International Inc, 1994

Turban,Efraim, Decision Support System and Expert System. New Jersey : Prentice Hall International, 1995

Kusumadewi, Sri, Artificial Intelligence. Yogyakarta : Graha Ilmu, 2003.

Agus Kurnia, Petunjuk Praktis Budi Daya Stroberi. Jakarta : Agro Medika Pustaka,2005

A. Pranata, “Penyakit Pada Tanaman Stroberi Berbasis Web,” STIMIK Atma Luhur Pangkalpinag, 2015.

G. V. Daniel, “Implementasi Sistem Pakar untuk Mendiagnosis Penyakit dengan Gejala Demam Menggunakan Metode Certainty Factor”, Jurnal Informatika, Vol. 6 No.1, 2010.

E. Ongko, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Mata,” Jurnal Time, Vol.II No,2, pp 10-17, 2013.

S. Rohajawati and R. Supriyanti, ”Sistem Pakar : Diagnosis Penyakit Unggas Dengan Metode Certainty Factor, CommIT. Vol.4 No.1, pp 41-46, 2010

H. Rohayani, ”Analisis Sistem Pendukung Keputusan Dalam Memilih Program Studi Menggunakan Metode Logika Fuzzy,” Jurnal Sistem Informasi (JSI), Vol.5 No.1, pp.530-539, 2013.

Balitjestro. (2010) Mengenal Stroberi. [Online]. Available: http://balitjestro.litbang.pertanian.go.id/mengenal-stroberi

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>