Implementasi Metode Personal Extreme Programming dalam Pengembangan Sistem Manajemen Transaksi Perusahaan (Studi Kasus : CV. Todjoe Sinar Group)

Main Article Content

Muhammad Ulfi
Gita Indah Marthasari
Ilyas Nuryasin

Abstract

CV. Todjoe Sinar Group merupakan salah satu perusahaan perusahaan yang bergerak di bidang percetakan. Beberapa masalah yang terjadi dalam pelaksanaan proses bisnis disebabkan oleh pengelolaan proses bisnis yang dijalankan secara manual. Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem informasi yang dapat dibangun secara tepat dan cepat. Metode pengembangan perangkat lunak yang dapat memenuhi hal tersebut termasuk kedalam agile software development. Salah satu metode yang termasuk kedalam agile software development adalah Personal Extreme Programming atau PXP. PXP merupakan metode pengembangan dari Extreme Programming yang disesuaikan agar dapat dikerjakan oleh pengembang tunggal. Sistem yang akan dibangun dalam penelitian ini merupakan sistem manajemen transaksi perusahaan. Kebutuhan sistem didapat pada fase requirements. Tahap pengembangan akan dilanjutkan dengan perencanaan iterasi dengan menentukan prioritas kebutuhan dan diskusi bersama. Pengembangan sistem akan dilakukan secara iteratif berdasarkan perencanaan yang telah dilakukan. Apabila terdapat perubahan atau penambahan kebutuhan, maka akan dilakukan perencanaan ulang. Berdasarkan hasil penelitian ini, PXP dapat diimplementasikan dalam studi kasus ini. Kemampuan, pemahaman, dan pengalaman dari seorang pengembang dalam mengerjakan suatu sistem dapat menentukan kesesuaian estimasi pengerjaan sistem dalam metode PXP. Interaksi dengan klien berperan penting dalam proses pengembangan sistem agar proses pengembangan sistem tetap terarah sesuai dengan kebutuhan klien.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Ulfi, G. I. Marthasari, and I. Nuryasin, “Implementasi Metode Personal Extreme Programming dalam Pengembangan Sistem Manajemen Transaksi Perusahaan (Studi Kasus : CV. Todjoe Sinar Group)”, JR, vol. 2, no. 3, Jan. 2024.
Section
Articles

References

R. Hoda, N. Salleh, J. Grundy, and H. Mien Tee, “Systematic literature reviews in agile software development: a tertiary study,” Inf. Softw. Technol., 2017.

R. Fojtik, “Extreme Programming in development of specific software,” Procedia Comput. Sci. 3, pp. 1464–1468, 2010.

R. Rahmi, R. Perdana Sari, and R. Suhatman, “Pendekatan Metodologi Extreme Programming pada Aplikasi E-Commerce (Studi kasus Sistem Informasi Penjualan Alat-alat Telekomunikasi),” J. Komput. Terap., vol. 2, pp. 83–92, 2016.

Hasan, “Perancangan Aplikasi Point of Sale pada Mini Market Bintang Mitra Pontianak,” in Seminar Nasional Informatika, 2015, pp. 719–725.

R. Agarwal and D. Umphress, “Extreme Programming for a Single Person Team,” in Proceedings of the 46th Annual Southeast Regional Conference, 2008, pp. 82–87.

Y. Dzhurov, I. Krasteva, and S. Ilieva, “Personal Extreme Programming–An Agile Process for Autonomous Developers,” 2009.

H. Rizal, S. Adhy, and P. Wisnu Wirawan, “Perancangan dan Pembuatan Mobile Learning Interaktif Berbasis Android dengan Metode Personal Extreme Programming,” J. Informatics Technol., vol. 2, pp. 103–112, 2013.

N. Dwi Herlambang, “Repository Jurnal dan Tugas Akhir Mahasiswa dengan Metode Personal Extreme Programming (Studi Kasus: Jurusan Ilmu Komputer/ Informatika UNDIP),” 2016.

S. Suehring and J. Valade, PHP, MySQL, JavaScript & HTML All-in-One For Dummies. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc, 2003.

I. G. Stamelos and P. Sfetsos, Agile Software Development Quality Assurance. Information Science Reference, 2007.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>