Penerapan Metode UCD (User Centered Design) pada Perancangan aplikasi Darurat Berbasis Android

Main Article Content

Muhammad Iqbal
Gita Indah Marthasari
Ilyas Nuryasin

Abstract

Kasus bencana alam atau kecelakaan yang sering terjadi di Indonesia menimbulkan banyaknya nyawa korban yang melayang, hal ini dikarenakan keterlambatan dalam hal pertolongan utama, selain itu banyak dari masyarakat yang tidak tahu informasi mengenai instansi atau nomor telepon darurat yang harus dihubungi ketika dalam keadaan darurat. Kecanggihan teknologi yang semakin berkembang pesat mampu memberikan inovasi terbaru sehingga menciptakan telepon pintar (Smartphone). Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi yang ada adalah dengan cara menciptakan sebuah aplikasi darurat untuk menangani berbagai macam kasus seperti bencana alam, kriminal, kecelakaan, dan kebakaran. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan rancangan sistem aplikasi darurat dengan metode User Centered Design (UCD) untuk menganalisa kebutuhan sistem dan desain terdiri dari fitur, tata letak, huruf, ukuran huruf, dan warna, lalu menggunakan metode Waterfall untuk implementasi sistemnya. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi darurat yang sesuai dengan kebutuhan pengguna terdiri dari fitur kondisi, panggil, berita, petunjuk arah, share facebook, login, daftar, dan edit profile, lalu untuk desain sistem pengguna memilih huruf Times New Roman, ukuran huruf sedang, serta warna biru tua, biru muda, dan putih.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Iqbal, G. I. Marthasari, and I. Nuryasin, “Penerapan Metode UCD (User Centered Design) pada Perancangan aplikasi Darurat Berbasis Android”, JR, vol. 2, no. 2, Jan. 2024.
Section
Pengembangan Perangkat Lunak

References

B. Williams dan S. C. Sawyer, Using Information Technology: A Practical Introduction to Computers & Communications. (9th edition), New York: McGraw-Hill, 2011.

N. S. H, Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Bandung: Informatika, 2011.

Legianto, “Perancangan Katalog Produk Berbasis Web Menggunakan Metode User Centered Design Pada Cv. Creative Bah Adzka Grafika,” Pelita Informatika Budi Darma, vol. VIII, no. 3, pp. 129-133, 2014.

H. A. Fatta, analisis dan perancangan sistem informasi untuk keunggulan bersaing perusahaan dan organisasi modern, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2007.

E. Retnoningsih, “Aplikasi informasi telepon darurat menggunakan android berbasis location Based service (LBS),” dalam Seminar Nasional Sains dan Teknologi, Jakarta, 2016.

R. Sari, E. Utami dan A. Amborowati, “Rancangan Lowongan Kerja Online Menggunakan Metode User Centered Design (Studi Kasus: Business Placement Center STMIK AMIKOM Yogyakarta),” Citec Journal, vol. III, no. 1, pp. 62-73, 2016.

S. Rai, Z. Shikalgar, A. Agarwal, A. Rathod, M. Gangawane dan Pallavi, “Save Our Soul (SOS App),” Imperial Journal of Interdisciplinary Research (IJIR), vol. II, no. 5, pp. 158-163, 2016.

A. H. Wulandari, S. P. Arifin and I. Muslim, "Rancang Bangun Website Café Tong Susu Menggunakan PHP MVC Framework dengan Metode User-Centered Design," Jurnal Aksara Komputer Terapan Politeknik Caltex Riau, vol. V, no. 1, pp. 40-46, 2016.

R. Taufiq and I. S. Mustofa, "PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KEJURUSAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DI SMA NEGRI 15 TANGERANG," TI Atma Luhur, vol. IV, no. 1, pp. 103-114, 2017.

S. Susilowati, “Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Zakat, Infaq, Shadaqoh, Waqaf dan Hibah Menggunakan Metode Waterfall,” Paradigma, vol. XIX, no. 1, pp. 52-60, 2017.

L. Albani and G. Lombardi (FIMI), User Centred Design for EASYREACH, 2010.

Most read articles by the same author(s)

<< < 5 6 7 8 9 10