Peningkatan Fungsionalitas Buku Sekolah Elektronik (BSE) Tematik “8” untuk Siswa kelas 1 SD Berbasis Mobile

Main Article Content

Rachda Dewi
Ilyas Nuryasin
Hariyady Hariyady

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan fungsionalitas Buku Sekolah Elektronik (BSE) berbasis mobile untuk siswa kelas 1 SD Islam Kota Blitar. Dan menerapakan aplikasi tersebut dalam pembelajaran agar meningkatkan hasil belajar dan minat siswa. Metode yang digunakan untuk penelitian ini yaitu metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang memiliki siklus tahap concept, desain, material collecting, assembly, testing, distribution. Tahap pengujian terdiri dari uji blackbox dan user acceptence test (UAT). Uji coba produk yaitu kepada siswa kelas 1 SD Islam Kota Blitar dengan jumlah responden 30 siswa. Berdasarkan penilaian aplikasi media pembelajaran yang dilakukan terhadap 30 responden mencapai nilai persentase 84,4%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil acceptance terhadap sistem termasuk baik. Dengan begitu dapat dikatakan aplikasi pembelajaran ini menarik untuk digunakan dan dapat diterima oleh siswa kelas 1 sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Dewi, I. Nuryasin, and H. Hariyady, “Peningkatan Fungsionalitas Buku Sekolah Elektronik (BSE) Tematik ‘8’ untuk Siswa kelas 1 SD Berbasis Mobile”, JR, vol. 5, no. 2, Jan. 2024.
Section
Articles

References

A. Sukma Ardiyanta Dwi Agus Sudjimat Partono, “Pemanfaatan Buku SekolahElektronik Sebagai Bahan Ajar Guru Program Produktif Sekolah Menengah Kejuruan,” 2012.

U. M. I. Hashunah et al., “Studi Deskriptif Pemanfaatan E-Book SebagaiSumber Belajar Di Kalangan Santri Pondok Pesantren Al- Luqmaniyyah Yogyakarta,” 2014.

W. Wijayanto, I. Menarianti, and A. Wibisono, “Pengembangan Buku Sekolah Elektronik (BSE) Dilengkapi Media Evaluasi Mandiri Siswa Berbasis Protable Document Format,” J. Inform. Upgris, vol. 2, no. 2, pp. 83–89, 2017.

Dendik, U. Mulyadi, S. Wahyuni, Rif’ati, and D. Handayani, “Pengembangan MediaFlash Flipbook Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran IPA di SMP,” 2016.

S. Dewi, “Pengembangan Teks Geografi Model Buku Sekolah Elektronik (BSE) Untuk SMP/MTS Kelas VII,” 2010.

R. Yektyastuti and J. Ikhsan, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA Developing Android-Based Instructional Media of Solubility to Improve Academic Performance of High School Students,” J. Inov. Pendidik. IPA, vol. 2, no. 1, pp. 88–99,2016.

D. Yuliarti, “Perancangan Aplikasi Pembelajaran Matematika Untuk Kelas 6 Sekolah Dasar Berbasis Multimedia (Studi Kasus Bimbingan BelajarLembaga Bina Kreatifitas (LBK) ESE Project),” 2007.

M. Mustika, E. P. A. Sugara, and M. Pratiwi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,” J. OnlineInform., vol. 2, no. 2, p. 121, Jan. 2018.

N. S. Willy Alif Indhaka , Eko Supraptono, “Penerapan Buku Sekolah Elektronik Berbasis Android Dalam Materi Ajar Penerapan Buku Sekolah Elektronik Berbasis Android Dalam Materi Ajar Besarandan Satuan,” vol. 17, no. 2, 2016.

R. S. Destiana, Fatoni, “Perangkat Ajar Interaktif Mata Pelajaran Ipa Untuk Kelas VI Sekolah Dasar Berbasis Multimedia.”

M. ILHAM, “Peranan Buku Sekolah Elektronik (BSE) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Study PendidikanAgama Islam (PAI) diSDN Jetak Probolinggo,” 2009.

W. A. Indhaka, “Penerapan Buku Sekolah Elektronik Berbasis AndroidDalam Materi Ajar Besaran Dan Satuan di SMK Muhammadiyah Salatiga,” 2016.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 > >>