Aplikasi Media Pembelajaran Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Berbasis Android

Main Article Content

Mairissa Anggraini
Gita Indah Marthasari
Lailatul Husniah

Abstract

Semakin banyaknya teknologi yang berkembang pada saat ini menjadi suatu hal yang penting karena dapat membantu dalam mengerjakan kegiatan sehari-hari seperti pada aplikasi yang dibangun ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar para siswa. Berdasarkan analisis yang dilakukan kepada guru pengajar dan siswa sekolah dasar kelas 3, kebanyakan guru pengajar masih menggunakan media gambar, biji-bijian dan lain sebagainya untuk mempraktek kan perhitungan perkalian dan pembagian. Matematika memang dianggap pelajaran yang sulit bagi kalangan siswa, maka dari itu dibuat aplikasi berbasis android untuk membuat siswa mudah memahami pelajaran sesuai dengan kurikulum disekolah. Sehingga siswa dapat menjadi aktif dalam belajar agar mereka tidak jenuh dengan pelajaran yang monoton yang tentunya akan menjadi pengaruh terhadap pencapaian hasil pembelajaran yang lebih optimal.


Berdasarkan hasil evaluasi aplikasi yang telah dibuat dilakukan pengujiaan tes kegunaan dengan menggunakan metode system usability scale (SUS) yang dapat memberikan hasil berdasarkan perolehan sampel dengan cara kuisioner. Perhitungan system usability scale (SUS) didapat dengan cara mencari nilai rata-rata dari seluruh responden. Hal ini yang menjadi informasi layak atau tidaknya aplikasi yang dibangun. Nilai yang didapat untuk aplikasi ini yaitu 75, 4 sehingga dapat dikatakan bahwa aplikasi ini telah berjalan dengan baik. Selain itu juga dilakukan kuisioner dengan jumlah responden sebanyak 34 siswa, dari hasil kuisioner tersebut didapatkan bahwa aplikasi ini dapat membantu mereka untuk belajar perkalian dan pembagian.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Anggraini, G. I. Marthasari, and L. Husniah, “Aplikasi Media Pembelajaran Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Berbasis Android”, JR, vol. 2, no. 2, Jan. 2024.
Section
Game Cerdas

References

Delia Indrawati, Siti Partini Suardiman, (2013) "Pengembangan Media Travel Game Untuk Pembelajaran Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan Matematika SD Kelas V," Jurnal Prima Edukasia, vol. 1.

Fadli, (2014) "Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Web untuk Pelajaran Matematika," Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 16, no. 1, p. 13.

Aris Rakhmadi, Umi Fadillah, Yasid Ardyanto, (2012) "Visiualisasi Pembelajaran Fungsi, Turunan, dan Integral Pada Mata Pelajaran Matematika SMA Kelas 2 Berbasis Macromedia Flash 8," KomunTI, vol. IV, no. 1, p. 53.

E. Utami, (2013) "Penerapan Model Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Pecahan Kelas IV A SDN-P Bantarjati 9 Bogor Tahun Ajaran 2012/2013," Pendidikan Dompet Dhuafa, vol. 3, no. 1, p. 48.

Permana Andri, dkk (2016) “Pengaruh Virtual Laboratory Berbasis Flash Animation Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Tema Optik Kelas VIII SMP” Universitas Negeri Semarang. ISSN 2252-6617

A. Mulyawan, (2014) "Perancangan Media Interaktif Mata Pelajaran Matematika untuk Siswa SMP" Institut Teknologi Surabaya.

Desnada Annisa, (2016) “Media Pembelajaran Interaktif Sakawira Kartika Di Kabupaten Tanah Laut Banjarmasin Berbasis Android”, Universitas Muhammadiyah Malang.

Syahrin, dkk (2015) “Perancangan dan Pengembangan Permainan “Super Sigi” Menggunakan Stencyl Sebagai Media Pengenalan Menyikat Gigi” Jurnal Teknologi dan SIstem Komputer.

Fajariah Nur dan Triratnawati “Buku Cerdas Berhitung Matematika Untuk SD/MI kelas 3” Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2008

Brooke, J. (1996). SUS : A quick and dirty usability scale. In P.W. Jordan, B.Thomas, B.A Weerdmeester& I.L McClelland(Eds), Usabilty Evaluation in Industry (pp.189-194). London, UK : Taylor & Francis.