Pengembangan Sistem Monitoring Langkah Kaki Dengan Sensor Mpu6050 Untuk Menghitung Jumlah Penurunan Berat Badan Berbasis Android

Main Article Content

Sabrina Nurul Ubay
Wahyu Andhyka Kusuma
Zamah Sari

Abstract

Jalan kaki memiliki banyak manfaat, dan salah satunya adalah untuk menurunkan berat badan. Dalam usaha untuk menurunkan berat badan diperlukan adanya pembakaran kalori. Untuk mengetahui hasil pembakaran kalori diperlukan suatu alat yaitu Daily Fitness Activity yang gunanya untuk memonitoring pembakaran kalori dan penurunan berat badan dengan penghitungan menggunakan suatu rumus yang melibatkan jumlah langkah kaki, waktu, serta berat badan pengguna. Untuk mendapatkan jumlah langkah kaki dibutuhkan suatu alat yaitu gyroscope dari sensor MPU6050. Sensor tersebut berperan sebagai monitoring langkah kaki karena berfungsi untuk mengukur dan menentukan orientasi suatu benda berdasarkan pada ketetapan momentum sudut.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
S. N. Ubay, W. A. Kusuma, and Z. Sari, “Pengembangan Sistem Monitoring Langkah Kaki Dengan Sensor Mpu6050 Untuk Menghitung Jumlah Penurunan Berat Badan Berbasis Android”, JR, vol. 2, no. 2, Jan. 2024.
Section
Pengembangan Perangkat Lunak

References

Widya, Ardyan Putra., Ivano, Raymond Avandi. Survei TIngkat Kebugaran Jasmani Masyarakat Usia di Atas 40 Tahun pada Anggota Arca Hash Club Kabupaten Madiun. Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas Negeri Surabaya.

DocDoc. "Apa itu Penurunan Berat Badan: Gejala, Penyebab, Diagnosis, dan Cara Mengobati" Diakses pada tanggal 27 Februari 2017. https://www/docdoc.com/id/info/condition/penurunan-berat-badan.

John Willey. "Effect of behavioural techniques and delivery mode on effectiveness of weight management: systematic review, meta-analysis and meta-regression". Diakses pada tanggal 26 Februari 2017. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24636238.

CNN. "Turunkan Berat Badan dengan Berjalan Kaki". Diakses pada tanggal 4 Februari 2017. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20160818115814-255-152171/turunkan-berat-badan-dengan-berjalan-kaki/.

Dwi, Aris Fitriyanti. Aplikasi Penghitung Kalori Terbakar Saat Berolahraga Sepeda mengunakan Global Positioning System (GPS) Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi Vol. 4 No. 2.

Ayu, Diah Fitriani.(2016). Rancang Bangun Sistem Monitoring Langkah Kaki Dengan Sensor MPU6050 Berbasis Android.

Taufik, Muhammad Yusuf.(2015). Membedakan Objek Menggunakan Metode Thresholding dan Fungsi Morfologi

Dhesta, Suis Meinggariyad.(2012). Pemetaan Posisi dan Orientasi Arah Sistem Navigasi Personal Berbasis Prinsip Dead Reckoning.

Candra, Aditya Alim.(2015). Aplikasi Penghitung Langkah (pedometer) Berbasis Android

Putu, Giovanni. “Accelerometer dan Gyroscope”. Diakses pada tanggal 3 Maret 2017. http://www.geyosoft.com/2013/accelerometer-dan-gyroscope

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>