Implementasi Pemantauan Suhu Kelembaban serta Pengendali Penyiraman Tanaman secara Otomatis pada Greenhouse Berbasis Web

Main Article Content

Lalu Rahmat Hidayat
Zamah Sari
Fatimah Nursandi

Abstract

Aglaonema merupakan tanaman hias daun yang memiliki nilai keindahan pada variasi daun, baik motif warna maupun bentuk daun. Aglaonema tumbuh pada suhu 24-270C dan kelembaban 65-75%, serta tidak terkena sinar matahari langsung. Untuk mendapatkan kondisi ideal maka aglaonema ditempatkan didalam sebuah greenhouse. Sehingga dirancanglah sebuah sistem yang dapat memantau suhu, kelembaban serta pengendalian penyiraman tanaman secara otomatis pada greenhouse. Adapun alat yang digunakan untuk merancang sistem ini adalah sensor DHT22, mikrokontroller Arduino uno, relay, selenoid valve, ethernet shield dan pompa air. Sensor ditempatkan pada 3 loakasi di dalam greenhouse yakni zona atap, zona dinding dan zona tanaman. Pemantauan dilakukan melalui web server dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil pengujian didapatkan bahwa sistem ini dapat bekerja dengan baik. Dht22 dapat membaca suhu dan kelembaban dengan margin error dari pengukuran ini yakni suhu 0,410C dan kelembaban 2,56%. Pompa air bekerja dengan batasan yang telah ditentukan, ketika melebihi batas maka relay menyala dan pompa air bekerja. Hal ini sudah sesuai dengan yang diharapkan. Pengiriman data hasil sensor ke server dapat membaca dengan benar, hasil pengujian nilai sensor pada serial monitor dan di web server memiliki nilai yang sama, meskipun teradi delay. Web server dapat menampilkan data suhu dalam bentuk grafik dan tabel. Suhu dan kelembaban ideal berhasil berhasil dilakukan. Rata-rata suhu dan kelembaban ruangan sebelum menggunakan sistem yakni 30.20C dan 56,86%. Sedangkan rata-rata suhu dan kelembaban ruangan setelah menggunakan sistem yakni 27.850C dan 73,99%. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi penurunan rata-rata suhu sebesar 2.350C dan kenaikan kelembaban sebesar 17.13%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
L. R. Hidayat, Z. Sari, and F. Nursandi, “Implementasi Pemantauan Suhu Kelembaban serta Pengendali Penyiraman Tanaman secara Otomatis pada Greenhouse Berbasis Web”, JR, vol. 2, no. 4, Jan. 2024.
Section
Articles

References

Anita Tri Puspitasari. “Budidaya Tanaman Hias Aglaonema Di Deni Nursery And Gardening”. Fakultas Petanian. Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2010.

Ari Purwanto. Aglaonema, Pesona Kecantikan Sang Ratu Daun. Kanisius. Yogyakarta. 2006.

Bibit Bunga. http://bibitbunga.com/tanaman-hias-daun/tanaman-aglaonema. Diakses, 10 April 2017.

Bernard T. Wahyu Wiryanta. Media Tanam untuk Tanaman Hias. Agro Media. Jakarta Selatan. 2008.

Widyanti, Yustina Erna. Green house Rumah untuk Tanaman. Jakarta: PT. Penebar Swadaya. 1993.

Jiang Xiao, Bei Jiang, Kan Jiang ming. “Design for Wireless Temperature and Humidity Monitoring System of the Intelligent Greenhouse”. 2nd International Conference on Computer Engineering and Technology, vol 3, v3-63, 2010.

H, Suhardiyanto. Teknologi Rumah Tanaman untuk lklim Tropika Basah Pemodelan dan Pengendalian Lingkungan. Institut Pertanian Bogor. Press Bogor. Indonesia. 2009.

Syafid, Ahmad. ”Rancang Bangun Pengendali Suhu Pada Greenhouse Menggunakan Metode Fuzzy Sugeno”. Teknik Informatika. Universitas Muhammadiyah Malang. 2016.

Adafruit. https://cdn-shop.adafruit.com/datasheets/DHT22.pdf. Diakses, 10 April 2017.

Oktovani, Yusuf. “Sistem Pengendalian Suhu dan Kelembaban Berbasis Wireless Embedded System”. PTIIK. Universitas Brawijaya. 2013.

I Madrap, Pushkar and A Deshmukh.”PIC Microcontroller Based Greenhouse Monitoring and Contro System”. International Journal of Advanced Research in Electrical, Electronics and Instrumentation Engineering, vol 5, Issue 9, 2016 .

Napitupulu, H. Modifikasi Control Auto Shrink Packaging Machine Menggunakan Smart Relay. 2010

Margolis M. Arduino Cookbook. Published by O’Reilly Media, Inc., 1005. Gravenstein Highway North, Sebastopol, CA 95472. 2011.

Sukaridhoto, Stritrusta ST. Ph.D. Buku Jaringan Komputer 1. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Jawa Timur. 2014.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>