Otomatisasi Transaksi Toko Online Berbasis Woocommerce Menggunakan Bot Telegram

Main Article Content

Syaifudin Zuhri
Gita Indah Marthasari
Yufis Azhar

Abstract

Penelitian ini mengusulkan satu solusi untuk memaksimalkan pelayanan toko online berbasis Woocommerce dengan otomatisasi. Layanan otomatisasi ini berfungsi untuk pencarian informasi mengenai katalog produk dan pembantu dalam proses pembelian produk toko online. Aplikasi dibangun dengan memanfaatkan Bot Telegram yang ada pada Telegram Messenger. Bot Telegram dipilih karena memiliki dokumentasi Bot API yang cukup lengkap dan semakin berkembang. Bot Telegram dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan memanfaatkan framework Laravel. Metode yang digunakan untuk pembuatan Bot Telegram adalah metode Webhook. Pengambilan informasi katalog dan proses pembelian produk memanfaatkan API Woocommerce yang di integrasikan dengan Bot Telegram. Informasi diperoleh dengan memberikan perintah tertentu kepada Bot Telegram. Beberapa perintah dibuat dengan memanfaatkan fungsi keyboard yang telah disediakan oleh Bot Telegram. Pengujian dilakukan dengan mencoba tombol yang telah disediakan pada menu dan berjalan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Zuhri, G. I. Marthasari, and Y. Azhar, “Otomatisasi Transaksi Toko Online Berbasis Woocommerce Menggunakan Bot Telegram”, JR, vol. 2, no. 6, Jan. 2024.
Section
Articles

References

Tim Publikasi Katadata, “Transaksi e-commerce,” Katadata, 2016. [Daring]. Tersedia pada: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/11/16/transaksi-e-commerce-indonesia-naik-500-dalam-5-tahun. [Diakses: 10-Mar-2018].

H. Soeroso, A. Z. Arfianto, N. E. Mayangsari, dan M. Taali, “Penggunaan Bot Telegram Seagai Announcement System Pada Intansi Pendidikan,” Semin. MASTER 2017 PPNS, vol. 2, no. 1, hal. 45–48, 2017.

Alexander Haryanto, “Menilik Pengguna Messenger di Indonesia,” tirto.id, 2016. [Daring]. Tersedia pada: https://tirto.id/menilik-pengguna-messenger-di-indonesia-ccjz. [Diakses: 10-Mar-2018].

D. Utomo, M. Sholeh, dan A. Avorizano, “Membangun Sistem Mobile Monitoring Keamanan Web Aplikasi Menggunakan Suricata dan Bot Telegram Channel,” Semin. Nas. Teknoka, vol. 2, no. 2502, hal. 1–7, 2017.

R. J. Putra, N. P. Sastra, dan D. M. Wiharta, “Pengembangan Komunikasi Multikanal Untuk Monitoring Infrastruktur Jaringan Berbasis Bot Telegram,” vol. 5, no. 2, hal. 152–157, 2018.

G. Sastrawangsa, “Pemanfaatan Telegram Bot Untuk Automatisasi Layanan Dan Informasi Mahasiswa Dalam Konsep Smart Campus,” Konf. Nas. Sist. Inform., hal. 772–776, 2017.

Telegram, “Telegram Bot,” Telegram.org. [Daring]. Tersedia pada: https://core.telegram.org/bots. [Diakses: 10-Jun-2019].

R. Dewi Risanty dan A. Sopiyan, “Pembuatan Aplikasi Kuesioner Evaluasi Belajar Mengajar Menggunakan Bot Telegram Pada Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FT-UMJ) Dengan Metode Polling,” Univ. Muhammadiya Jakarta, vol. 4, no. 45, hal. 1–9, 2017.

A. Cokrojoyo, J. Andjarwirawan, dan A. Noertjahyana, “Pembuatan Bot Telegram Untuk Mengambil Informasi dan Jadwal Film Menggunakan PHP,” J. Infra, vol. 5, no. 1, hal. 224–227, 2017.

O. Leavy, “Aplikasi Bot Telegram Untuk Media Informasi Perkuliahan Program Studi Informatika-Sistem Informasi Bisnis Universitas Kristen Petra,” Nat. Rev. Immunol., vol. 7, no. 12, hal. 921–921, 2007.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>