Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Lapangan Futsal Berbasis Android Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus: Champion Futsal Malang)
Main Article Content
Abstract
Aplikasi pemesanan lapangan futsal Champion Malang merupakan sebuah sistem informasi melalui platform android yang digunakan user atau costumer futsal champion untuk melakukan pemesanan lapangan secara online tanpa harus menelepon karyawan lapangan, ataupun mendatangi lokasi setiap cabang champion futsal, dimana aplikasi ini dapat membantu user untuk melihat dan menentukan jadwal sewa yang nantinya akan dipesan mulai dari lapangan, tanggal pesan, jam pesan, hingga durasi pemakaian lapangan yang disajikan melalui tampilan platform android, guna memudahkan proses penyewaan lapangan sehingga dapat meningkatkan produktifitas layanan jasa penyewaan pada cabang futsal Champion Malang. Dalam penelitian ini penulis merancang dan membangun aplikasi android pemesanan lapangan futsal pada champion futsal Malang menggunakan metode Waterfall melalui 5 (lima) tahapan yaitu requirement analysis, design, implementasi, testing dan, maintenance, aplikasi ini dibangun menggunakan Apache Cordova sehingga memungkinkan pengembang aplikasi mobile untuk mengakses fungsi perangkat asli (native) seperti kamera atau accelerometer dengan menggunakan teknologi web standar seperti HTML5, CSS3, dan JavaScript untuk pengembangan cross- platform.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
V. Nurchmawati and E. Lumba, “Pengembangan Aplikasi Penyewaan Lapangan Futsal Berbasis Android Studi Kasus : Hanggar Futsal Pancoran,” Kalbis Sci. J. Sains dan Teknol., vol. 4, no. 1, pp. 82–95, 2017.
D. Chaffey, “Mobile Marketing Statistics 2016,” Smart Insights, 2015. [Online]. Available: http://www.smartinsights.com/mobile-marketing/mobile-marketing-analytics/mobile-marketing-statistics/. [Accessed: 15-Feb-2018].
Sopingi, “Kata Kunci: Donasi, Hybrid Mobile, Web Service, SOA,” Sist. Inf. Donasi Berbas. Hybrid Mob. Menggunakan Web Serv. pada Yayasan Solo Peduli, vol. 10, no. April, pp. 1–17, 2016.
S. Bosnic, I. Papp, and S. Novak, “The development of hybrid mobile applications with Apache Cordova,” 24th Telecommun. Forum, TELFOR 2016, 2017.
R. SUSANTO and A. D. ANDRIANA, “Perbandingan Model Waterfall Dan Prototyping Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” Jurnal-Unikom, vol. 14, no. 1, pp. 41–46, 2016.
A. Saxena and P. Upadhyay, “Waterfall vs . Prototype : Comparative Study of SDLC,” Imp. J. Interdiscip. Res., vol. 2, no. 6, pp. 1012–1015, 2016.
A. A. A. Adenowo and B. A. Adenowo, “Software Engineering Methodologies: A Review of the Waterfall Model and Object-Oriented Approach,” Int. J. Sci. Eng. Res., vol. 4, no. 7, pp. 427–434, 2013.
E. Nur et al., “Implementasi Model Waterfall Pada Pengembangan Sistem Informasi Alumni Smkn 1 Jenangan Ponorogo,” Semin. Nas. Sist. Inf. Indones., no. November, pp. 2–3, 2015.
R. Awan Sagita and H. Sugiarto, “Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Penjualan Furniture Berbasis Web,” ijns.org Indones. J. Netw. Secur., vol. 5, no. 4, pp. 2302–5700, 2016.
V. Rachmawati and H. Nasution, “Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Menu Pada Restoran Berbasis Web,” E-Journal Tek. Inform., vol. 9, no. 1, pp. 1–5, 2013.
R. Hidayat, S. Marlina, and L. D. Utami, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Handmade Berbasis Website Dengan Metode Waterfall,” Simp. Nas. Ilmu Pengetah. dan Teknol., pp. 175–183, 2017.
M. S. Mustaqbal, R. F. Firdaus, and H. Rahmadi, “Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis,” Penguji. Apl. Menggunakan Black Box Test. Bound. Value Anal. (Studi Kasus Apl. Prediksi Kelulusan SNMPTN), vol. I, no. 3, p. 34, 2015.
D. Andriansyah, “Pengujian Kotak Hitam Boundary Value Analysis Pada Sistem Informasi Manajemen Konseling Tugas Akhir,” vol. 7, no. 1, pp. 20–25, 2018.