Analisis Pemanfaatan E-Learning dengan Metode TAM dan TPB (Studi Kasus: Universitas Muhammadiyah Malang)

Main Article Content

Galih Wasis Wicaksono
Bayu Prasetia Wibowo
Evi Dwi Wahyuni

Abstract

E-Learning merupakan pembelajaran berbasis web yang bisa diakses dari internet, sehingga dengan adanya E-Learning ini dosen dan mahasiwa bisa lebih mudah dalam proses pembelajaran. E-Learning juga sudah mulai diterapkan pada pendidikan tinggi khususnya di Universitas Muhammadiyah Malang dengan menggunakan moodle, edmodo dan google classroom. Karena penggunaan e-learning di lingkungan Universitas Muhammadiyah Malang masih belum masiv, perlu melakukan evaluasi dengan mengukur penerimaan dan perilaku pengguna e-learning. Metode untuk melakukan evaluasi menggunakan TAM dan TPB (C-TAM- TPB) yang merupakan model dari Yung – Zug Chang. Pengujian dipenelitian ini menggunakan SEM dengan aplikasi SmartPLS. Hasil dari penelitian ini, penerimaan e-learning pada pendidikan tinggi dapat diterima dengan baik dan perilaku pengguna e-learning juga berpengaruh terhadap penerimaan karena antar variabel saling berpengaruh signifikan. dari penjelasan tersebut, hal yang dapat dilakukan peneliti ialah merekomendasikan penggunaan e- learning secara masiv dikarenakan sangat membantu dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari tingginya nilai siginifikasi hipotesis perceived ease of use terhadap perceived usefulness sebesar 52%. Tetapi ada hal yang harus diperbaiki supaya penggunaan e-learning bisa optimal, yaitu penyesuaian fitur terhadap SN DIKTI terkait pembelajaran jarak jauh. Saran ini berdasarkan rendahnya hasil nilai signifikasi hipotesis perceived usefulness terhadap behavior intention sebesar 18%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
G. W. Wicaksono, B. P. Wibowo, and E. D. Wahyuni, “Analisis Pemanfaatan E-Learning dengan Metode TAM dan TPB (Studi Kasus: Universitas Muhammadiyah Malang)”, JR, vol. 5, no. 4, Jan. 2024.
Section
Articles

References

A. A. Azis, “Pengembangan Media E-Learning Berbasis Lms Moodle Pada Matakuliah Anatomi Fisiologi Manusia,” J. Pendidik. Biol., vol. 7, no. 1, pp. 1– 8, 2017.

R. Purwandari, “Evaluasi penggunaan e-learning pada proses pembelajaran program studi pendidikan teknik mesin universitas sebelas maret,” Skripsi, 2016.

Y. A. Sutiyono, Edi Pranoto, “Analisis pemanfaatan e-learning sebagai media pembelajaran di universitas diponegoro,” Lap. Penelit., 2013.

E. dan M. Saputra, “Analisis Penerimaan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah Bangkinang Menggunakan Metode Technology Acceptance Model ( TAM ),” J. Sist. Inf., 2014.

S. I. Nikmatur Karimah Nik mar, “The integration of theory of planned behavior (TPB) and technology acceptence model in internet purchasing: a struktural equation odeling (SEM) approach,” Proc. Appl. Int. Bus. Conf., 2008.

R. Oktapiani, “Interpretasi Model Penerimaan Sistem Ujian Online Dengan Pendekatan Technologi Acceptance Model (TAM) Dan Theory Planned of Behavior ( Tpb ) Di Smk Pasim Plus Kota,” Swabumi, vol. 5, pp. 1–9, 2017.

L. N. Ardhiani, “Analisis Faktor-Faktor Penerimaan Penggunaan Quipperschool.Com Dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (Tam) Dan Theory of Planned Behavior (Tpb) Di Sma Negeri 7 Yogyakarta,” Skripsi, 2015.

R. R. Hatta, Madani, Baihaqi, “Perilaku Berbagi Pengetahuan Akuntansi Pada Dosen Akuntansi Kota Bengkulu: Pendekatan Theory of Planned Behavior ( TPB ) Universitas Bengkulu kumpulan keyakinan seseorang ( beliefs ) persepsi dari seseorang yang berkeyakinan Selain attitude toward behavi,” J. Akuntansi, Ekon. dan Manaj. Bisnis, vol. 5, no. 1, pp. 26–44, 2017.

N. Luh and N. Sherina, “Analisis technology acceptance model (tam) terhadap penggunaan sistem informasi di nusa indah beach hotel & spa fakultas ekonomi dan bisnis universitas udayana (UNUD), bali, indonesia fakultas ekonomi,” E-Jurnal Akunt. Univ. Udayana, vol. 1, pp. 167–184, 2014.

E. Widyapraba, T. D. Susanto, and A. Herdiyanti, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Pengguna Untuk Menggunakan Aplikasi Daftar Online Rumah Sakit (Studi Kasus: RSUD Gambiran Kediri),” Semin. Nas. Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 163– 172, 2016.

Mohammad Yazdi, “E-learning sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis teknologi Informasi,” J. Ilmua Foristek, vol. 2 (1), no. 1, pp. 143–152, 2012.

A. W. Nugroho, “Model Tingkat Penerimaan Sistem Informasi Berbasis Online Dengan Metode Integrasi TAM dan TPB, Studi Empiris Pada Simaweb FEB UNDIP,” Skripsi, 2012.

R. Agustina, P. I. Santosa, and R. Ferdiana, “Sejarah, Tantangan, dan Faktor Keberhasilan dalam Pengembangan e-Learning,” Semin. Nas. Sist. Inf. Indones., no. November, 2016.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>