Perancangan Aplikasi Simulasi UNBK dengan Metode Pengacak Linear Congruent Method Berbasis Web

Main Article Content

Fiqri Azmi Fachir
Ilyas Nuryasin
Yufis Azhar

Abstract

Keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan yang menyatakan bahwa seluruh SMP, SMA, dan SMK sederajat harus menerapkan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah dengan menggunakan media komputer. Beberapa sekolah bersiap untuk menghadapi UNBK dengan cara melatih siswa-siswi dengan melaksanakan ulangan harian ataupun ujian tryout dengan menggunakan media komputer sekolah. Aplikasi simulasi untuk mempersiapkan UNBK banyak beredar dan digunakan untuk melatih siswa-siswi dalam menghadapi UNBK. Pseudo random number generator (PRNG) merupakan algoritma yang menggunakan rumus matematis untuk menghasilkan deret angka secara acak. Salah satu metode yang menggunakan algoritma PRNG yaitu linear congruent method (LCM). LCM merupakan salah satu metode pembangkit bilangan acak yang memanfaatkan model linear untuk membangkitkan bilangan acak. LCM berhasil diterapkan kedalam aplikasi simulasi pengacak soal yang dibuat. Hasil dari pengujian sistem aplikasi yang dibuat, algoritma pengacak berhasil mengacak soal. Setiap soal berhasil teracak dan setiap siswa mendapatkan urutan soal yang berbeda-beda.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
F. A. Fachir, I. Nuryasin, and Y. Azhar, “Perancangan Aplikasi Simulasi UNBK dengan Metode Pengacak Linear Congruent Method Berbasis Web”, JR, vol. 2, no. 10, Jan. 2024.
Section
Articles

References

Kemendikbud, “Tentang UNBK- Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan,” kemendikbud, 2018. [Online]. Available: https://unbk.kemdikbud.go.id/tentang. [Accessed: 11-Nov-2018].

S. D. Nasution, “Penerapan metode linier kongruendan algoritma vigenère chiper pada aplikasi sistem ujian berbasis lan,” STMIK Budi Darma Medan, vol. IV, no. 1, pp. 94–102, 2013.

G. Gunawan and D. A. Prabowo, “SISTEM UJIAN ONLINE SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU DENGAN PENGACAKAN SOAL MENGGUNAKAN LINEAR CONGRUENT METHOD (Studi Kasus di Universitas Muhammadiyah Bengkulu),” J. Inform. Upgris, vol. 3, no. 2, pp. 143–151, 2017, doi: 10.26877/jiu.v3i2.1872.

KBBI, “KBBI - Pengacak,” KBBI, 2016. [Online]. Available: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/acak. [Accessed: 19-Oct-2019].

D. P. Hasibuan, “Perancangan Simulasi Pengacakan Soal Tryout Untuk Membentuk Paket Soal Ujian Nasional Menggunakan Linear Congruent Method ( Lcm ),” Pelita Inform. Budi Darma, vol. IV, no. Lcm, pp. 119–125, 2013.

KBBI, “KBBI - SIMULASI,” KBBI, 2012. .

P. S. I. Dora, W. Rita, “Perancangan Aplikasi Game Edukasi Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Linear Congruent Method ( Lcm ) Berbasis Android,” J. Inform. Glob., vol. 6, no. 1, pp. 7–14, 2015.

D. Setiyadi, “Aplikasi Pembelajaran Mengetik Cepat Berbasis Game Edukasi Dengan Linear Congruent Method (LCM),” Bina Insa. Ict J., vol. Vol.3, No., no. 2355–3421, p. 8, 2016.

I. M. D. Biantara, I. M. Sudana, A. F. Suni, Suryono, and A. Hangga, “Modifikasi Metode Linear Congruential Generator Untuk Optimalisasi Hasil Acak,” Semin. Nas. Inform. 2015 (semnasIF 2015), vol. 2015, no. November, pp. 182–186, 2015.

“Model_waterfall_Rekayasa_Perangkat_Lunak.” Academia.edu, 2017.

Most read articles by the same author(s)

<< < 7 8 9 10 11 12 13 > >>