Rancang Bangun Role Playing Game Timun Mas Dan Raksasa Dengan Menggunakan Metode Game Development Life Cycle
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membangun Game Role-Playing Game (RPG) berdasarkan cerita rakyat Timun Mas dan Raksasa. Pembangunan Game ini untuk memvisualisasikan cerita rakyat Timun Mas dan Raksasa. Cerita pada game berdasarkan cerita rakyat Timun Mas dan Raksasa yang berasal dari wilayah Jawa Tengah. Metode penelitian yang dipakai pada pembuatan game RPG ini yakni Game Development dimana tahapan penelitiannya terdiri dari pitch, pre-production, main production, alpha, beta, dan master. Pada penelitan ini berhasil membangun game RPG Timun Emas yang bersumber dari cerita rakyat Indonesia. Dengan terbangunnya game RPG ini diharapkan akan menarik minat anak-anak untuk memainkannya, terlebih lagi game ini dapat menjadi media penyampai informasi tentang cerita rakyat bagi anak-anak Indonesia pada umumnya.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
D. G. Samudra and Djunaidi, “IMPLEMENTASI HACK AND SLASH BATTLE SYSTEM DALAM PEMBUATAN GAME RPG JOKO TINGKIR Skripsi,” vol. 4, no. 2, pp. 1–56, 2015.
F. H. Saputri and D. Pratiwi, “Pembuatan Game RPG ‘Roro Jonggrang’ Dengan RPG Maker MV,” Semin. Nas. Cendekiawan, pp. 9.1-9.9, 2016, [Online]. Available: http://www.trijurnal.lemlit.trisakti.ac.id/index.php/semnas/article/view/881.
M. Mustofa, S. Sidiq, and E. Rahmawati, “Penerapan Finite State Machine Untuk Pengendalian Animasi Pada Video Game Rpg Nusantara Legacy,” J. Sist. Komput. Musirawas, vol. 3, no. 1, p. 1, 2018, doi: 10.32767/jusikom.v3i1.251.
Erwin and F. R. Purba, “Game RPG ‘TRUE DESTINY’ MENGGUNAKAN APLIKASI RPG MAKER VX,” Jural Tek. dan Ilmu Komput., vol. Vol. 02 No, pp. 389–401, 2013.
M. A. P. Tanjung, “Analisis Pengaruh Storytelling Terhadap Game Lorong Waktu – Pangeran Dipenogoro Sebagai Media Edukasi Sejarah,” Ilm. Komput. dan Inform., vol. 5, no. 3, pp. 1–4, 2011.
S. Mackey, “Towards a definition of wellness.,” Aust. J. Holist. Nurs., vol. 7, no. 2, pp. 34–38, 2000.
Munir, Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan, vol. 58, no. 12. 2012.
G. Kacmarcik, “Question-answering in role-playing games,” AAAI Work. - Tech. Rep., vol. WS-05-10, pp. 51–55, 2005.
N. F. Eldiana and N. E. Muliawati, “PENGEMBANGAN GAME ‘ COC ’ RPG MAKER MV SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI KPK,” J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 2, 2019.
Y. Firmansyah and J. Jamilah, “Implementasi Sdlc Waterfall Dalam Pembuatan Game Edukasi Perjuangan Indonesia”Hisotira” Menggunakan Rpg Maker Mv Berbasis Android,” J. Khatulistiwa Inform., vol. 6, no. 2, pp. 178–185, 2018, doi: 10.31294/khatulistiwa.v6i2.162.
F. Marzian and M. Qamal, “Game RPG ‘ The Royal Sword ’ Berbasis Desktop Dengan Menggunakan Metode Finite State Machine ( FSM ),” Sist. Inf., pp. 61–96, 2017.
S. N. Wahyuni and C. Andiyoko, “Pembuatan Game Berbasis Pembelajaran Menggunakan RPG Maker MV,” J. Mantik Penusa, vol. 2, no. 2, pp. 29–33, 2018, [Online]. Available: http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/396.