Pengembangan Electronic Customer Relationship Management (e-CRM) Sebagai Sistem Informasi Dalam Peningkatan Layanan Triad Computer Samarinda

Main Article Content

Risca Amellia
Wildan Suharso
Ilyas Nuryasin

Abstract

Triad Computer Samarinda merupakan salah satu perusahaan bisnis yang bergerak di bidang penjualan dan perbaikan perangkat komputer sejak tahun 1985. Segala aktivitas penjualan, perbaikan, dan persediaan masih dilakukan secara manual. Resiko nota atau laporan mudah hilang cukup besar. Selain itu customer yang ingin membeli barang atau ingin melakukan perbaikan harus datang ke toko. Hal ini dirasa kurang efektif apabila customer berada di luar kota dan harus menempuh jarak yang jauh. Diperlukan suatu sistem untuk pengolahan data pelanggan, penjualan, dan perbaikan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan yaitu sistem informasi e-CRM dimana sistem ini mampu menyimpan semua data penjualan, stok barang, servis perbaikan, dan layanan untuk customer. Beberapa fitur untuk meningkatkan pelayanan untuk customer seperti invoice yang dapat dikirim ke email customer. Customer juga dapat memesan barang, memberikan testimoni, dan mengirim pesan. Hasil dari penelitian ini menggunakan blackbox untuk sistem dan User Acceptance Test (UAT) untuk pengguna. Dari kedua pengujian tersebut, hasilnya sistem dapat berfungsi dengan baik sesuai dengan yang diinginkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Amellia, W. Suharso, and I. Nuryasin, “Pengembangan Electronic Customer Relationship Management (e-CRM) Sebagai Sistem Informasi Dalam Peningkatan Layanan Triad Computer Samarinda”, JR, vol. 3, no. 1, Jan. 2024.
Section
Articles

References

R. D. Nugraha, “Analisis Pengaruh Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Dengan E-Satisfaction Sebagai Variabel Perantara Terhadap E-Loyalty (Studi Pada Campaign ‘Plus Friend’ KakaoTalk),” Universitas Indonesia, 2014.

V. Rosalina and M. Natsir, “Pemodelan Customer Relationship Management (CRM) Pada Perusahaan Petrokimia Menggunakan Zachman Framework,” 2013.

Marshellina and H. Prabowo, “Pengaruh E-CRM Dan Service Quality Terhadap Customer Satisfaction Dan Dampaknya Terhadap Customer Loyalty Pada PT XL,” vol. 4, pp. 619–630, 2013.

R. Asmara and I. Gunawan, “Implementasi Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Berbasis Web Pada CV. Puplas.com,” J. Sains dan Inform., vol. 4, pp. 46–52, 2017.

P. J. Ginting, “E-Community System Berbasis Customer Relationship Management Untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Di Dalam Service Oriented Architecture (SOA),” Universitas Sumatera Utara, 2017.

N. Wingard, CRM History: The Evolution Of Better Customer Service. 2009.

Y. Bassil, “A Simulation Model for the Waterfall Software Development Life Cycle,” Int. J. Eng. Technol., vol. 2, no. 5, 2012.

S. Chesilia, D. Oktaviany, and Dewi, “Sistem Informasi Manajemen Penjualan dan Persediaan Barang Berbasis Web pada CV. Matrik Jaya,” J. Sist. Inf., 2012.

S. P. Sarjono, S. A. Wicaksono, and F. Pradana, “Pengembangan Sistem Informasi Toko Bangunan ( Studi Kasus : UD Darmo Jaya ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., 2018.

B. T. Sadewo, Maskur, and E. D. Wahyuni, “Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam & Akuntansi Dengan Metode Pengembangan Model Waterwafall ( Studi Kasus KSP Bina Usaha Kabupaten Ngawi ),” vol. 2, no. 6, pp. 757–766, 2020.

Most read articles by the same author(s)

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>