Analisa Performansi Controller Pada Arsitektur Jaringan Software Defined Network (SDN)

Main Article Content

Agung Dwi Rahmawan
Syaifuddin Syaifuddin
Diah Risqiwati

Abstract

Software Defined Network (SDN) merupakan sebuah konsep pendekatan baru dalam jaringan untuk mendesain, membangun serta mengelola suatu jaringan komputer. Konsep ini melakukan pemisahan terhadap Data Plane dan Control Plane. Dalam konsep SDN ini terdapat suatu komponen penting yang bertanggung jawab terhadap segala aturan dalam pengelolaan dan pendistribusian informasi terhadap seluruh perangkat jaringan yaitu Controller. Karena peran Controller yang penting maka performa dari Controller perlu diuji sehingga dapat mengetahui kemampuan dari Controller yang digunakan. Dalam penelitian ini dilakukan perbandingan analisis nilai Quality of Services (QoS) terhadap implementasi SDN menggunakan Controller Floodlight dan Ryu dengan menjalankan topologi linear dan mesh dalam jumlah Switch yang beragam mulai dari 4, 8, 12 dan 16 Switch. Selama pengujian berlangsung dari node sumber ke node tujuan yang sama juga dialiri variasi background traffic mulai dari 50 hingga 200 Mbps. Hasil yang didapatkan yaitu Controller Ryu memiliki nilai QoS yang lebih baik dari floodlight pada semua topologi yang diujikan, nilai latency dan jitter pada floodlight lebih tinggi dari ryu serta cenderung meningkat pada traffic 100 Mbps Pada throughput, ryu memiliki nilai lebih tinggi dengan kisaran 856-933 Kbps. Sedangkan pada packet loss floodlight lebih tinggi sementara ryu hanya memiliki rata-rata packet loss sebesar 0,5%. Namun pada pengujian hanya pada jumlah switch, floodlight menjamin dalam tingkat respons serta pengelolaan data yang besar di dalam arsitektur jaringan SDN.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
A. D. Rahmawan, S. Syaifuddin, and D. Risqiwati, “Analisa Performansi Controller Pada Arsitektur Jaringan Software Defined Network (SDN)”, JR, vol. 2, no. 12, Jan. 2024.
Section
Articles

References

S. Ramadona, B. A. Hidayatulloh, D. F. Siswanto, and N. Syambas, “The simulation of SDN network using POX controller: Case in Politeknik Caltex Riau,” Proceeding 2015 9th Int. Conf. Telecommun. Syst. Serv. Appl. TSSA 2015, 2016.

Sucres, “Software-Defined Networking : Past, Present, and Future of Programmable Networks,” 2016-05-06, 2016. [Online]. Available: https://www.sucrez.com/softwaredefined-networking/.

G. Romero de Tejada Muntaner and G. R. D. T. Muntaner, “Evaluation of OpenFlow Controllers,” p. 90, 2012.

Project Floodlight, “Floodlight OpenFlow Controller -Project Floodlight,” 2013. [Online]. Available: http://www.projectfloodlight.org/floodlight/.

Ryu SDN Framework Community, “Ryu SDN Framework.” [Online]. Available: https://osrg.github.io/ryu/.

Mininet, “Mininet Overview - Mininet,” 2017. [Online]. Available:

http://mininet.org/overview/.

A. METZLER and A. Metzler, “Ten Things to Look for in an SDN Controller,” p. 11, 2013.

R. Kartadie and B. Satya, “Uji Performa Kontroler Floodlight Dan Opendaylight Sebagai Komponen Utama Arsitektur Software-Defined Network,” Semnasteknomedia Online, no. June, 2015.

S. M. Anggara, “Pengujian Performa Kontroler Software-defined Network (SDN): POX dan Floodlight 2012/2 013,” 2015.

Y. Zhao, L. Iannone, and M. Riguidel, “On the performance of SDN controllers: A reality check,” 2015 IEEE Conf. Netw. Funct. Virtualization Softw. Defin. Network, NFV-SDN 2015, pp. 79–85, 2016

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>