Mewujudkan Keberlanjutan Melalui Perancangan Antarmuka Pengumpulan Sampah untuk Daur Ulang: Pendekatan Design Thinking

Main Article Content

Herliyanto Dwi Purnomo Syamsi
Wahyu Andhyka Kusuma

Abstract

Pada dasarnya, program bank sampah adalah inisiatif yang bertujuan untuk mendorong masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah.Agar bank sampah dapat berjalan efektif maka diperlukan sebuah aplikasi untuk pengumpulan sampah.Untuk membuat aplikasi yang sesuai dengan pengguna, maka dibutuhkan sebuah pendekatan atau metode yang berfokus pada pengalaman pengguna (user experience).Dari sejumlah penelitian sebelumnya yang telah mengkaji penerapan Design Thinking. Metode Design Thinking diterapkan mulai dari awal perancangan hingga akhir, sehingga menghasilkan user experience yang luar biasa. Design Thinking memiliki lima tahap yaitu: 1) Emphatize, 2) Define, 3) Ideate, 4) Prototype, 5) Test. Beberapa masalah yang muncul saat menggunakan pendekatan Design Thinking adalah sebagai berikut: fitur scan yang tidak ada yang membantu pengguna mengidentifikasi jenis sampah yang ada dan penghasilan yang diperoleh berupa koin, yang mengharuskan pengguna untuk menukar koin dengan uang asli.Penelitian mencari solusi untuk masalah tersebut.Peneliti menawarkan solusi dengan menambah pilihan pembayaran dan meningkatkan kemampuan pemindaian QR untuk meningkatkan akurasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
H. D. P. Syamsi and W. A. Kusuma, “Mewujudkan Keberlanjutan Melalui Perancangan Antarmuka Pengumpulan Sampah untuk Daur Ulang: Pendekatan Design Thinking”, JR, vol. 6, no. 2, Apr. 2024.
Section
Pengembangan Perangkat Lunak

References

I. M. Apriliani, N. P. Purba, L. P. Dewanti, H. Herawati, and I. Faizal, “Analisis Penerapan Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat Melalui Bank Sampah (Studi Kasus Bank Sampah Rukmi, Gunung Anyar Tambak, Surabaya),” Media Publ. Promosi Kesehat. Indones., vol. 2, no. 1, pp. 56–61, 2021.

M. Dewanti, E. P. Purnomo, and L. Salsabila, “Analisa efektifitas bank sampah sebagai alternatif pengelolaan sampah dalam mencapai smart city di kabupaten kulon progo,” Publisia J. Ilmu Adm. Publik, vol. 5, no. 1, 2020, doi: 10.26905/pjiap.v5i1.3828.

K. Fitriana and D. Priharsari, “Perancangan User Experience (UX) Aplikasi Manajemen Waktu Berbasis Mobile dengan Metode Design Thinking dan Human-Centered Design,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 5, pp. 2036–2044, 2021, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

M. Eradatifam, S. Heydarabadi, and A. Shahbazi, “The Impact of Design Thinking on Innovation,” Impact Des. Think. Innov. JDT, vol. 1, no. 1, p. 50, 2020, [Online]. Available: https://jdt.ut.ac.ir/

Z. Sándorová, T. Repáňová, Z. Palenčíková, and N. Beták, “Design thinking - A revolutionary new approach in tourism education?,” J. Hosp. Leis. Sport Tour. Educ., vol. 26, no. December 2019, p. 100238, 2020, doi: 10.1016/j.jhlste.2019.100238.

B. J., G. R., L. Y., Y. V., Y. S., and M. R. Pribadi, “MDP STUDENT CONFERENCE (MSC) 2022 Perancangan UX dan UI aplikasi KulurKilir dengan pendekatan Metode design thinking,” Mdp Student Conf., pp. 398–405, 2022.

A. Lahiri, K. Cormican, and S. Sampaio, “Design thinking: From products to projects,” Procedia Comput. Sci., vol. 181, no. 2019, pp. 141–148, 2021, doi: 10.1016/j.procs.2021.01.114.

L. A. Celi, M. S. Majumder, P. Ordóñez, J. S. Osorio, K. E. Paik, and M. Somai, Leveraging Data Science for Global Health. Springer International Publishing, 2020. doi: 10.1007/978-3-030-47994-7.

B. Wilkerson and L. K. L. Trellevik, “Sustainability-oriented innovation: Improving problem definition through combined design thinking and systems mapping approaches,” Think. Ski. Creat., vol. 42, no. May, p. 100932, 2021, doi: 10.1016/j.tsc.2021.100932.

A. H. Fauzi and I. Sukoco, “Konsep Design Thinking pada Lembaga Bimbingan Belajar Smartnesia Educa,” Organum J. Saintifik Manaj. dan Akunt., vol. 2, no. 1, pp. 37–45, 2019, doi: 10.35138/organum.v2i1.50.

M. L. Lazuardi and I. Sukoco, “Design Thinking David Kelley & Tim Brown: Otak Dibalik Penciptaan Aplikasi Gojek,” Organum J. Saintifik Manaj. dan Akunt., vol. 2, no. 1, pp. 1–11, 2019, doi: 10.35138/organum.v2i1.51.