Penggalian Informasi Berdasarkan Karakteristik Pembaca Berita Menggunakan User Persona
Main Article Content
Abstract
Membangun sebuah sistem perangkat lunak perlu memahami tujuan dari sistem, yang mana nantinya akan berinteraksi dengan user/pengguna. Persona adalah dokumentasi yang berisi penjelasan tentang karakteristik user digabungkan dengan tujuan, kebutuhan dan ketertarikannya yang menjadi target user yang didapatkan dari hasil penelitian tentang user yang
sesuai target. Istilah Persona diperkenalkan pertama kali oleh Alan Cooper yang menggunakan persona dalam perancangan interaksi secara praktis untuk menghasilkan produk high-tech. penelitian bertujuan untuk mendapatkan hasil terbaik dalam meningkatkan sistem melalui persona terhadap pengembangan rekayasa perangkat lunak Penggunaan user Persona dalam
tahap identifikasi perangkat lunak system informasi ini memudahkan pemahaman tentang apa yang perlu dikembangkan karena Teknik ini sangat berorientasi pada pemahaman pengembangan terhadap user. Dengan harapan akhir sistem dapat digunakan sesuai dengan harapan user/penggunanya.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
W. A. Kusuma, M. S. Aditama, and A. F. Suryandani, “Model Penggalian Kebutuhan Iteratif Berdasarkan Karakteristik Pengguna,” no. 2014, pp. 1–9, 2020.
R. J. Holden, A. Kulanthaivel, S. Purkayastha, K. M. Goggins, and S. Kirpalani, “Know thy eHealth user: Development of biopsychosocial personas from a study of older adults with heart failure,” Int. J. Med. Inform., vol. 108, no. August 2016, pp. 158–167, 2017.
M. Lee et al., “Developing personas & use cases with user survey data: A study on the millennials’ media usage,” J. Retail. Consum. Serv., vol. 54, no. June 2019, p. 102051, 2020.
J. Salminen, S. gyo Jung, J. An, H. Kwak, L. Nielsen, and B. J. Jansen, “Confusion and information triggered by photos in persona profiles,” Int. J. Hum. Comput. Stud., vol. 129, no. July 2018, pp. 1–14, 2019.
S. T. Acuña, J. W. Castro, and N. Juristo, “A HCI technique for improving requirements elicitation,” Information and Software Technology, vol. 54, no. 12. pp. 1357–1375, 2012.
Y. Shi, Z. Zhang, K. Huang, W. Ma, and S. Tu, “Human-computer interaction based on face feature localization,” J. Vis. Commun. Image Represent., vol. 70, p. 102740, 2020.
M. Jeon, R. Fiebrink, E. A. Edmonds, and D. Herath, “From rituals to magic: Interactive art and HCI of the past, present, and future,” Int. J. Hum. Comput. Stud., vol. 131, no. June, pp. 108–119, 2019.
C. S. de Souza, C. F. Leitão, R. O. Prates, S. Amélia Bim, and E. J. da Silva, “Can inspection methods generate valid new knowledge in HCI? The case of semiotic inspection,” Int. J. Hum. Comput. Stud., vol. 68, no. 1–2, pp. 22–40, 2010.
A. Joshi, N. L. Sarda, and S. Tripathi, “Measuring effectiveness of HCI integration in software development processes,” J. Syst. Softw., vol. 83, no. 11, pp. 2045–2058, 2010.
K. Doherty and G. Doherty, “The construal of experience in HCI: Understanding self-reports,” Int. J. Hum. Comput. Stud., vol. 110, pp. 63–74, 2018.
M. P. Senri Ali Said, S.Kom, “Analisis Usabilitas Sistem Informasi Administrasi Sekolah- Terpadu ( Siasat ) Menggunakan Model Human Computer Interaction ( Hci ) Pada Smk Nasional Makassar,” p. 2, 2016.