Sudut Pandang Pengguna Didalam Penggalian Kebutuhan Perangkat Lunak Menggunakan User Persona

Main Article Content

Ikhlassul Fauziah Amma
Wahyu Andhyka Kusuma
Arindra Kurniawan Hadisurya

Abstract

Penggalian kebutuhan sangat penting dilakukan dalam pengembangan perangkat lunak. Dengan melakukan penggalian kebutuhan yang lengkap dapat mengurangi masalah yang timbul pada saat aplikasi diluncurkan. Pada Sistem Informasi KRS UMM mahasiswa yang telah memilih kelas sering terjadi salah masuk kelas khususnya pada mata kuliah AIK, karena jadwal kelas yang dikeluarkan oleh sistem berbeda dengan jadwal dari pihak AIK. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terkait sistem KRS yang ada dengan menggunakan metode persona. Persona merupakan salah satu Teknik yang dapat digunakan dalam penggalian kebutuhan dimana persona dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai tingkah laku dan karakteristik dari user. Penerapan metode persona dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan sistem dari sisi perspektif dari stakeholder terkait, dalam hal ini antara lain mahasiswa, prodi, infokom, dan AIK&MKDU.  Hasilnya dengan menggunakan Teknik persona, masing-masing dari primary persona (AIK&MKDU) dan secondary persona (Prodi Informatika) mengharapkan keselarasan antaran jadwal yang dikeluarkan oleh sistem KRS dan pihak AIK. Kemudian selanjutnya dilakukan pembuatan prototype berupa mock up usulan perbaikan dari system informasi KRS kushusnya pada mata kuliah AIK.  Penggunaan metode persona dirasa tepat untuk studi kasus ini, karena dengan menggunakan metode ini dapat mengetahui dari sudut pandang pengguna terkait apa saja sebenarnya yang dibutuhkan oleh system. Sehingga persona memungkinkan para pemangku kepentingan dan pengembang mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan dan perilaku pengguna target dan mengidentifikasi persyaratan yang hilang pada awal proses rekayasa persyaratan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
I. F. Amma, W. A. Kusuma, and A. K. Hadisurya, “Sudut Pandang Pengguna Didalam Penggalian Kebutuhan Perangkat Lunak Menggunakan User Persona”, JR, vol. 3, no. 2, Jan. 2024.
Section
Articles

References

M. Hanif, H. M. Az-zahra, and Y. T. Mursityo, “Perbaikan User Experience Pada Aplikasi Mobile E-Commerce Tapp Market Menggunakan Metode Diary Study Dan User Journey,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 11, pp. 5267–5276, 2018.

P. Aquino Junior and L. Filgueiras, User modeling with personas. 2005.

W. Sim and P. Brouse, “Developing Ontologies and Persona to Support and Enhance Requirements Engineering Activities – A Case Study,” Procedia Comput. Sci., vol. 44, Dec. 2015, doi: 10.1016/j.procs.2015.03.060.

J. Billestrup, J. Stage, L. Nielsen, and K. S. Hansen, “Persona Usage in Software Development: Advantages and Obstacles,” ACHI 2014, 2014.

U. Dantin, Application of Personas in User Interface Design for Educational Software, vol. 42. 2005.

J. Ma and C. Lerouge, Introducing User Profiles and Personas into Information Systems Development., vol. 6. 2007.

J. Castro, S. Acuña, and N. Juristo, Integrating the Personas Technique into the Requirements Analysis Activity. 2008.

T. Miaskiewicz, T. Sumner, and K. Kozar, A Latent Semantic Analysis methodology for the identification and creation of personas. 2008.

S. Faily, D. Power, and I. Fléchais, “Gulfs of Expectation: Eliciting and Verifying Differences in Trust Expectations using Personas,” J. Trust Manag., vol. 3, p. 1, Jul. 2016, doi: 10.1186/s40493-016-0025-9.

A. Cooper, R. Reimann, and D. Cronin, About Face 3: The Essentials of Interaction Design. 2007.

S. Acuña, J. Castro, and N. Juristo, “A HCI technique for improving requirements elicitation,” Inf. Softw. Technol., vol. 54, pp. 1357–1375, Jul. 2012, doi:10.1016/j.infsof.2012.07.011

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>