Evaluasi Fitur LMS Universitas Muhammadiyah Malang Terhadap Kebutuhan Dosen dan Mahasiswa di Tengah Pembelajaran Daring

Main Article Content

Nuraini Saputri
Wahyu Andhyka Kusuma

Abstract

Wabah virus covid-19 yang tengah melanda Indonesia saat ini membawa pengaruh besar terhadap sector kehidupan, termaksud sector pendidikan. Pada sector pendidikan, sistem pembelajaran yang semula tatap muka beralih ke sistem pembelajaran jarak jauh atau daring. Oleh karena itu lembaga pendidikan harus memiliki media pembelajaran berbasis teknologi untuk menunjang pembelajaran daring yang memiliki fitur lengkap dan ramah pengguna. Salah satu media pembelajaran yang sering digunakan adalah e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi fitur-fitur LMS terhadap kebutuhan dosen dan mahasiswa ditengah pembelajaran daring dengan menggunakan teknik persona HCI untuk memudahkan peneliti dalam memahami karakteristik dan variable perilaku pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur yang tersedia pada LMS Universitas Muhammadiyah Malang sudah cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh atau daring. Namun masih diperlukan pengembangan lebih lanjut seperti tambahan fitur absen, notifikasi deadline tugas pada email mahasiswa dan fitur zoom atau google meet untuk pembelajaran secara virtual.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Saputri and W. A. Kusuma, “Evaluasi Fitur LMS Universitas Muhammadiyah Malang Terhadap Kebutuhan Dosen dan Mahasiswa di Tengah Pembelajaran Daring”, JR, vol. 5, no. 3, Jan. 2024.
Section
Articles

References

K. Arizona, Z. Abidin, and R. Rumansyah, “Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 64–70, 2020, doi: 10.29303/jipp.v5i1.111.

W. Lubis, “Analisis Efektivitas Belajar Pada Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Di Masa Pandemi Covid-19,” J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 5, no. 1, pp. 139–140, 2020.

P. Chyan, “Perancangan Learning Management System Sebagai Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh,” Rabit J. Teknol. dan Sist. Inf. Univrab, vol. 6, no. 1, pp. 7–13, 2021, doi: 10.36341/rabit.v6i1.1521.

E. Wicaksana, “Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Moodle Terhadap Motivasi Dan Minat Bakat Peserta Didik Di Tengah Pandemi Covid -19,” EduTeach J. Edukasi dan Teknol. Pembelajaran, vol. 1, no. 2, pp. 117–124, 2020, doi: 10.37859/eduteach.v1i2.1937.

V. A. Tandirerung, “Analisis Performansi LMS SYAM OK dalam Pembelajaran di UNM,” J. Mediat., vol. 4, no. 1, p. 42, 2021, doi: 10.26858/jmtik.v4i1.19967.

K. M. Ghufron, W. A. Kusuma, and F. Fauzan, “Penggunaan User

Persona Untuk Evaluasi Dan Meningkatkan Ekspektasi Pengguna Dalam Kebutuhan Sistem Informasi Akademik,” SINTECH (Science Inf. Technol. J., vol. 3, no. 2, pp. 90–99, 2020, doi: 10.31598/sintechjournal.v3i2.587.

B. Robi’in and Z. A. Tyas, “Desain Aplikasi Mobile Panduan Sholat Dan Doa Untuk Anak Gangguan Pendengaran,” Ilk. J. Ilm., vol. 10, no. 3, pp. 290–297, 2018, doi: 10.33096/ilkom.v10i3.366.290-297.

A. F. Istifani and Sholiq, “Inspirasi Profesional Sistem Informasi,” J. Sisfo, vol. 07, no. 02, pp. 165-180 Sistem, 2018.

E. D. Wahyuni, W. A. Kusuma, H. R. Abdillah, and H. Y. Sari, “Perspektif Awam Dalam Implementasi Elisitasi Kebutuhan Menggunakan User Persona,” Sistemasi, vol. 9, no. 3, p. 468, 2020, doi: 10.32520/stmsi.v9i3.854.

L. P. Gusrinda, L. Fanani, and A. A. Supianto, “Perancangan User Experience Aplikasi Pendukung Evaluasi dan Analisis Proses Pembelajaran untuk Guru Berbasis Android dengan Metode User - Centered Design dan Design Solution,” vol. 4, no. 4, 2020.

E. D. Wahyuni, T. Wahyuni, N. R. Astutik, S. A. Handayani, and W. A. Kusuma, “SISTEM INFORMASI KEHADIRAN DOSEN,” pp. 221–229, 2019.

N. A. Lestari and E. Retnoningsih, “Animasi Interaktif Pengenalan Agama Islam Untuk Anak Usia Dini Pada TK Al-Ikhwan Bekasi,” Inf. Manag. Educ. Prof., vol. 2, no. 2, pp. 159–168, 2018, [Online]. Available: http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/909.

W. A. Kusuma, M. R. Ashari, and C. D. Oktaviani, “Penggunaan User Persona Untuk Evaluasi Dan Kebutuhan Perangkat Lunak ( Studi Kasus : Pengaruh Kurangnya Dosen Pengajar Dan Ruang Kelas Terhadap Sistem Penjadwakan ),” pp. 171–183, 2020.

D. Tresnawati, L. Fitriani, and A. M. Fauzan, “Rancang Bangun Aplikasi Fasilitas Ibadah Keagamaan Berbasis Android,” J. Algoritm., vol. 17, no. 1, pp. 60–67, 2020, doi: 10.33364/algoritma/v.17-1.60.